alexametrics
Rocky Usulkan Ada Pemantau Internasional

Nasdem: Yang Model Seperti itu Masukin Tong Sampah Aja

21 Maret 2019, 14:21:22 WIB

JawaPos.com – Pengamat Politik Rocky Gerung memandang penting kehadiran lembaga pemantau internasional yang independen. Tujuannya untuk ikut mengawasi jalannya pemilu 2019. Sebab, mantan dosen Universitas Indonesia (UI) itu mencium terjadinya kecurangan yang semakin kentara.

Namun usulan itu ditolak oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Platte. Ia mengaku tak sepakat dengan Rocky. Menurutnya, legitimasi demokrasi di Indonesia seharusnya berpatokan dengan undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. 

Seluruh komponen yang terlibat dalah pemilu, baik dari aspek penyelenggara, peserta maupun konstituennya harus tunduk dengan aturan itu. Sehingga legitimasi demokrasi bisa terwujud.

“Apabila tiga komponen ini mengikuti betul amanatnya undang-undang Nomor 7 tahun 2017 ya Insya Allah mudah-mudahan pemilu kita berkualitas dan legitimate,” ujar Johnny di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (21/3).

Johnny menuturkan, lembaga pengawas independen internasional memang dibolehkan oleh undang-undang. Hanya saja tidak seharusnya jadi patokan utama bagi peserta pemilu. 

Sekjen Partai Nasdem itu lantas menyinggung orang-orang yang berada di kubu 02 seperti Rocky dalam keadaan diri, bahkan tidak percaya kepada konstitusinya sendiri. Sehingga memandang penting hadirnya lembaga pemantau independen internasional. 

“Kalau ada teman-teman dari sebelah yang bilang pemantau asing itu penting, berarti dia tidak percaya diri, tidak percaya pada negara, tidak percaya pada undang-undangnya sendiri. Yang seperti itu masukin tong sampah aja,” tegas Johnny.

Di sisi lain, Johnny pun mengaku heran dengan perilaku kubu 02. Pasalnya, selama ini mereka kerap bersikap keras terhadap asing, namun sekarang justru mengusulkan pemantau asing.

“Dulu tak suka sama orang asing dan gembar-gembor di ruang publik, disaat yang lain kok melihat seolah-olah orang asing lebih hebat dari kita. Percaya diri sedikit dong,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Nasdem: Yang Model Seperti itu Masukin Tong Sampah Aja