alexametrics

Jokowi Bangun Landasan, Ma’ruf Amin Bikin Kursus Keterampilan

21 Maret 2019, 11:02:42 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin kembali memuji kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena selama 4 tahun lebih berkuasa, mantan Wali Kota Solo itu sudah membangun kekuatan dasar yang kuat untuk membangun bangsa Indonesia di masa mendatang.

Oleh sebab itu, Bagi Ma’ruf penting sekali untuk Jokowi meneruskan pekerjaannya di periode kedua. Sebab jika tidak, pembangunan bangsa ini bisa dimulai dari awal lagi.

“Kalau tidak memilih Pak Jokowi itu rugi karena akan mulai dari awal lagi, meletakkan pondasi lagi,” ujar Kiai Ma’ruf saat silaturahmi bersama Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) dan aliansi masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (21/3).

Jika Jokowi kembali terpilih lagi, kata Ma’ruf, maka landasan-landasan yang dibangun tak akan sia-sia. Infrastruktur bakal dilengkapi, Sumber Daya Manusia (SDM) akan diperkuat. Istilahnya seperti kita akan tinggal landas.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu membeberkan bagaimana program-program konkret Jokowi telah terlaksana. Sebut saja seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Program Keluarga Harapan (PKH), adalah contoh kesuksesan petahana.

“Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla telah membuat landasan-landasannya. Baru nanti di periode berikutnya, kita maksimalkan lagi,” imbuh Kiai Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf juga kemudian mempromosikan terobosan program 3A atau tiga akses. “Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf menjelaskan, ‘A’ pertama atau akses untuk pintar, bertujuan  menawarkan akan membuka kursus-kursus kepintaran. Misalnya, kursus matematika, atau kursus bahasa.

‘A’ kedua fokus untuk kursus pemberian keterampilan. Akan diciptakan ada kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti.

Kursus terakhir adalah fokus untuk olahraga. Program ini dinilai bagus untuk orang-orang tua yang ingin kembali bugar, sehingga bisa terhindar dari penyakit.

Adapun bentuk 3A ini adalah sebuah aplikasi marketplace. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat. Jadi kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri.

“Bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang nganggur,” tutur mantan Rais Aam PBNU itu.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Jokowi Bangun Landasan, Ma'ruf Amin Bikin Kursus Keterampilan