alexametrics

Maret Ini Gerindra Akan Putuskan Dukungan Pada Gibran dan Bobby

21 Februari 2020, 19:30:07 WIB

JawaPos.com – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masih belum menentukan kapan akan secara resmi menyatakan dukungannya pada putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. Keduanya diketahui akan maju di pemilihan wali kota Solo dan Medan.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan partai yang dikepalai Prabowo Subianto ini ‎masih dalam tahap penggodokan. Rencananya Maret 2020 ini akan diputuskan.

“Mungkin bulan Maret finalisasi di DPP untuk pilkada seluruh Indonesia,” ujar Dasco usai bertemu dengan Bobby Nasution di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (21/2).

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPR ini juga enggan berandai-andai mengenai Pilwali Solo. Menurutnya bulan Maret 2020 ini Partai Gerindra akan memutuskan langkah politiknya di Pilkada serentak.

“Untuk Pilkada Solo nanti akan kami putuskan di bulan Maret. Dan sudah masuk beberapa nama,” katanya.

‎Sebelumnya, Dasco mengatakan, ketua umumnya Prabowo Subianto sudah memerintahkan supaya partai yang ia pimpin mendukung Gibran Rakabuming Raka di pemilihan wali kota Solo.

“Kalau soal dukung mendukung kami sudah ada arahan untuk mendukung (mendukung Gibran),” ujar Dasco.

Menurut Dasco sampai saat ini memang kandidat terkuat untuk Pilwali Solo adalah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran. Namun demikian keputusan resmi mendukung Gibran ada ‎prosesnya. Presos rekomendasinya ada di DPC Partai Gerindra kemudian diberikan ke tingkat pusat.

Sekadar informasi, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah mendaftar ke DPD PDIP Jateng untuk maju di Pilwali Solo. Sementara selain Gibran, ada juga kader PDIP Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso yang ingin memperebutkan rekomendasi dari PDIP untuk bisa maju di Pilwali Solo.

Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia. Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

Adapun pemilihan gubernur dan wakil gubernur berlangsung di sembilan provinsi. Yakni Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan di 37 kota yang tersebar di 32 provinsi. Sedangkan pemilihan bupati dan wakil bupati bakal digelar di 224 kabupaten. Rencananya, Pilkada akan digelar pada 23 September 2020.‎

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads