alexametrics

Agar Golkar Tak Kehilangan Momentum 2024, Pengamat Sarankan Hal ini

21 Januari 2022, 23:26:52 WIB

JawaPos.com – Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiludin Ritonga mengatakan, Airlangga Hartarto masih belum mampu menarik simpati masyarakat untuk bisa menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. Jamiludin menuturkan hal ini akan berdampak terhadap Partai Golkar untuk bisa meraih kemenangan di Pemilu 2024.

Sebab jabatan di pemerintahan dan kepopuleran Airlangga nyatanya belum mampu menaikan elektabilitasnya. “Logikanya dengan jabatan seabreg, seharusnya elektabilitasnya sudah meroket. Karena itu menurut saya Golkar akan kehilangan momentum kalau tetap memaksakan Airlangga sebagai capresnya,” ujar Jamil saat dihubungi, Jumat (21/1)

Solusinya menurut Jamil, Golkar perlu mencari sosok lain di internal untuk bisa ditawarkan ke publik sebagai capres. Perlu juga ada skenario lain yang disiapkan oleh partai berlogo pohon beringin ini.

“Survei harus diberikan kepada lembaga profesional yang tidak berpihak kepada Airlangga. Menurut saya, itu cara yang paling elegan untuk konflik-konflik internal,” katanya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin meyakini elektabilitas Airlangga bisa naik jika kerja-kerja kolektif kader beringin berjalan dengan baik. “Saya rasa kerja kolektifnya belum jalan. Kader Golkar masih mementingkan Pileg mareka, dibandingkan Pilpres,” ungkapnya.

Ujang menduga, elite-elite di Golkar saat ini hanya ingin cari aman demi mengamankan suaranya di Pileg 2024. Sehingga hal ini yang mengakibatkan elektabilitas Airlangga tidak naik secara signifikan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads