alexametrics

1,1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa, DPR Siapkan Panja

21 Januari 2022, 20:08:20 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 diketahui kedaluwarsa. Temuan itu membuat Komisi IX DPR melakukan pendalaman dengan membentuk panitia kerja (panja) vaksin.

Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago mengatakan, nantinya panja vaksin tidak hanya menelisik vaksin kedaluwarsa, tapi juga membahas halal-haram vaksin.

“Kami meneliti semuanya mulai besar anggaran, distribusi vaksin, hibah, dan lain-lain,” ungkap Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Jumat (21/1).

Irma menuturkan, pembentukan panja vaksin covid sebagai respons atas klaim Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut mayoritas vaksin kedaluwarsa berasal dari donasi gratis negara-negara maju. Kemudian melihat hal yang berkaitan berkaitan dengan vaksin.

Meski begitu, Irma mengaku belum menerima data resmi terkait klaim Menkes Budi. “Menkes menyatakan yang banyak expired itu vaksin hibah, tetapi memang belum ada data resmi hibah dari mana saja, termasuk juga berbagai aspek,” kata Uni Irma.

Sebelumnya, muncul desakan pemerintah agar menggunakan vaksin halal pada vaksinasi booster. Khususnya penggunaan vaksin yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM-MUI. Apalagi, vaksin dengan label halal itu sebelumnya juga telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads