alexametrics

TNI Copoti Baliho Rizieq Shihab, DPR: Itukan Urusannya Satpol PP

20 November 2020, 15:47:34 WIB

JawaPos.com – TNI ikut turun tangan terkait pencopotan baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Padahal hal itu ranahnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mengatakan, ada maladministrasi ketika TNI ikut melakukan pencopotan baliho Rizieq Shihab tersebut.

“Soal baliho itu urusan satpol PP. Jadi mestinya, dalam hal ini Satpol PP yang melakukan itu,” ujar Willy kepada wartawan, Jumat (20/11).

Menurut Willy, jangan ada tumpang tindih tupokasi dalam menjalankan tugas. Misalnya menjaga keamanan dan urusan kriminal adalah tugasnya Polri. Sementara mengenai banyak baliho yang melanggar itu ranahnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Biarkan Pemprov menertibkannya dengan meminta bantuan Satpol PP. Namun jika TNI sampai turun tangan ya ini ada maladministrasi namanya,” katanya.

Politikus Partai Nasdem ini mengatakan, dengan TNI ikut melakukan pencopotan baliho Rizieq. Maka Ibu Kota DKI Jakarta sedang bermasalah. “Jadi kalau dalam filsafat politik itu, kota adalah ruang yang penuh keadaban. Nah, kalau suatu kota TNI sampai turun tangan, berarti ada masalah dengan kota itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebuah video berdurasi 11 detik memperlihatkan sekelompok orang berseragam loreng tengah menurunkan spanduk bergambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab yang terpasang di baliho. Video itu beredar di media sosial.

“Ada berbaju loreng menurunkan baliho habib rizieq itu perintah saya,” tegas Pangdam saat apel pasukan di Monas, Jakarta, Jumat (20/11).

Dia menjelaskan alasannya. Langkah itu diambil berdasarkan hukum. Menurutnya, baliho yang terpasang itu menyalahi aturan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads