alexametrics

Mardani Ali Sera Sampaikan Catatan 2 Tahun Jokowi-Ma’ruf dari PKS

20 Oktober 2021, 13:40:48 WIB

JawaPos.com – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera memberikan catatan atas dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mardani menyoroti tentang gemuknya koalisi partai politik pendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin. Padahal fungsi kontrol bagi pemerintah oleh partai politik sangat penting dilakukan.

“Demokrasi itu esensi check and balances, kualitas kontrol bergantung pada kualitas gagasan dan kuantitas kursi. Dengan koalisi super gemuk, bisa membuat kualitas kontrol melemah, tapi PKS istiqomah untuk oposisi,” ujar Mardani kepada wartawan, Rabu (20/10).

Mardani menuturkan untuk penanganan pandemi kerja pemerintah cukup baik. Hal ini ditandai dengan angka penularan Covid-19 di dalam negeri yang terus menurun. Tetapi kekuatan fundamental ekonomi Indonesia terkorbankan cukup dalam karena pandemi ini.

“Kekuatan fiskal kita mesti cepat recovery agar kembali normal dgn defisit maksimal di 3 persen,” katanya.

Mardani mengutip AidData yakni lembaga riset keuangan di Amerika Serikat (AS) menyebut, Indonesia diperkirakan punya utang tersembunyi ke Tiongkok sebesar Rp 245 triliun untuk membiayai berbagai proyek besar pemerintah. Sebagian besar merupakan pembiayaan pembangunan dalam program Belt and Road Initiative (BRI). Salah satunya kereta cepat Jakarta-Bandung yang menuai polemik.

Menurut Mardani pemerintah tidak semesinya menyepelekan temuan ini. Terlebih, dampak dari keputusan yang serba kejar tayang seperti pendanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang kini ditanggung APBN.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads