alexametrics

Komisi IV DPR Beda Sikap Soal Isu KKP Terima Hibah 400 dolar AS

20 Oktober 2017, 20:26:43 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi IV DPR, Sudin mempertanyakan kejelasan soal rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang merencanakan peminjaman uang sekitar 400 juta dolar AS kepada salah satu perusahaan asal Jepang. 

Hal itu Sudin tanyakan langsung dalam Raker di ruang Komisi IV bersama Menteri Menteri Kelautan Perikanan, Susi Pudjiastuti, (19/10).

Menurut Sudin, perihal informasi tersebut ia dapatkan dari internal KKP sendiri dan sangat patut dipertanyakan, dasar acuan pertanyaannya adalah berdasar dari UU No.17/2003 dimana masalah peminjaman tersebut harus melalui persetujuan DPR. 

Menurut Sudin, pihaknya dan juga anggota-anggota DPR Komisi IV yang merupakan mitra kerja kementerian ini, menunggu klarifikasi dari Menteri Susi Pudjiastuti. “kami mohon kepada Ibu Menteri untuk mengklarifikasi masalah ini,” paparnya.

Sementara itu, pimpinan rapat Edi Prabowo mengatakan, bahwa boleh Saja KKP mendapat hibah banyak, bila perlu sebanyak-banyaknya. 

“Siapa yang tidak senang dengan dana hibah, itu kan dikasih, tapi harus tahu dulu apa maksudnya, jangan sampai karena hibah, nanti kita malah jadi di dikte bangsa lain”, tutur Edi Prabowo dalam raker tersebut.

Sementara Itu Anggota Komisi IV DPR lainnya yakni, Ono Surono mengatakan, jika hibah masih bisa diterima apalagi jika diperuntukan untuk daerah daerah terluar dan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu.

Tetapi, lanjut Ono, bila pinjaman itu untuk pembangunan kapal perikanan tidak selalu baik, karena pengadaan kapal oleh KKP melalui APBN pun banyak masalah dan berujung temuan BPK. 

“Lalu bila akan dipergunakan untuk kapal markas, pernah pula rencana itu ditolak oleh komisi 4 DPR RI,” tegasnya.

Editor : admin

Reporter : (dms/JPC)

Komisi IV DPR Beda Sikap Soal Isu KKP Terima Hibah 400 dolar AS