alexametrics

Sebar Paket Banpres, ABJ Turun ke Titik Permukiman Pemulung

20 Mei 2020, 18:52:09 WIB

JawaPos.com – Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) bersama elemen relawan lainnya diminta untuk turun membagikan langsung bantuan sembako dari Presiden Jokowi. Paket sembako itu dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak secara tidak langsung Covid-19.

Ketua Umum ABJ Michael Umbas mengatakan, bantuan tersebut disalurkan ke sejumlah titik. Terutama di kawasan pemukiman pemulung, kawasan padat penduduk miskin, warga bantaran kali, pinggiran rel kereta api dan lainnya.

“Tahap awal target 5.000-10.000 Paket Sembako langsung dari Presiden Jokowi didistribusikan ABJ dengan pola pendataan dan verifikasi para penerima yang dianggap paling layak menerima,” ujar Umbas dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/5).

Menurut Umbas, ada juga pola on the spot atau pembagian di lokasi dengan tetap menerapkan physical distancing, sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi secara prinsip ABJ menyalurkan bantuan ini khusus kepada mereka yang sama sekali belum menerima paket bantuan apapun,” katanya.

Umbas juga menuturkan, mereka yang merasakan langsung dampak pandemi Covid-19, tentu sangat layak dibantu. “Kami memberikan bantuan setelah terlebih dahulu melakukan proses verifikasi,” katanya.

“Kami berupaya menyisir tempat-tempat pemukiman padat penduduk masyarakat kurang mampu, dan pemulung,” kata Umbas.

Presiden Jokowi, lanjut Umbas, berpesan agar mereka yang layak dibantu agar segera disalurkan bantuan ini secepat cepatnya. Penyaluran sembako ini jangn terlambat sampai ke tangan rakyat yang membutuhkan.

“Kita kejar agar tuntas sebelum masyarakat merayakan Idul Fitri,” pungkas Umbas.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads