alexametrics

Survei LSI: Pemilih Islam di PDIP Makin Menurun

20 Februari 2019, 15:51:58 WIB

JawaPos.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil surveinya terkait Pemilu 2019. Hasil terbaru menunjukkan bahwa jumlah pemilih untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari kalangan muslim semakin menurun.

Peneliti LSI Rully Akbar menyebut, berdasar grafik PDIP di segmen pemilih Islam terbilang menurun dari survei sebelumnya. Pada Agustus 2018 pemilih Islamnya untuk PDIP mencapai 23,2 persen. Lalu turun pada September menjadi 22,4 persen.

Sebetulnya sempat naik lagi pada Oktober menjadi 23,7 persen. Berjarak sebulan turun lagi menjadi 21,8 persen. Pada akhir tahun 2018 menjadi 24,6 persen dan kini 18,4 persen.

Survei LSI: Pemilih Islam di PDIP Makin Menurun
PDI Perjuangan: Hasil survei LSI menyatakan pemilih Islam di PDI Perjuangan makin menurun (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Menurut Rully, penurunan elektabilitas ini dikarenakan adanya reuni akbar 212 dan ijmak ulama. Hal itu membuat suara ke PDIP pecah.

“Kekuatan 212 dan ijmak ulama dan sebagainya justru memperkuat barisan Prabowo-Sandi, sehingga otomatis jika pemilih Jokowi tak kuat di pemilih muslim. Yang mengambil keuntungan dari pemilih muslim adalah Partai Gerindra dan Prabowo-Sandi,” kata Rully.

Lebih jauh dikatakan Rully, sebetulnya berdasar hasil survei LSI jumlah pemilih Islam di Partai Gerindra hanya mencapai 16,6 persen.

Meski angkanya masih di bawah PDI, namun pemilih Islam di Gerindra memiliki tren meningkat. Agustus 2018 angkanya mencapai 13,8 persen. Lalu turun pada September (12,7 persen). Kemudian naik bertahap sampai 16,6 persen.

Untuk diketahui survei LSI ini dilakukan pada rentang waktu 18-25 Januari 2019 di 34 provinsi. Survei dengan dengan metode multistage random sampling itu melibatkan 1.200 responden. Metodenya juga menggunakan wawancara tatap muka. Sementara margin of error survei di angka 2,8 persen.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
Survei LSI: Pemilih Islam di PDIP Makin Menurun