alexametrics

Ribuan PNS Koruptor Masih Terima Gaji, Per Tahun Negara Rugi Rp 72 M

20 Februari 2019, 17:28:23 WIB

JawaPos.com – Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai, sebanyak 1.466 Pegawai Negeri Sipil yang sudah divonis sebagai koruptor masih menerima gaji dari negara. Diperkirakan potensi kerugian negara pertahun mencapai Rp 72 miliar.

“Jika Rp 3,5 juta rupiah untuk gaji pokok PNS. Coba hitung dikalikan dengan 1.466 PNS. Sekitar Rp 6,5 milliar per bulan, kalau per tahun ada sekitar Rp 72 miliar. Itu potensi kerugian, karena negara masih menggaji PNS koruptor,” kata Kepala Staf Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah dikantor BPK, Jakarta, Rabu (20/2).

Wana juga menuturkan, dalam satu tahun potensi kerugian mencapai Rp 72 miliar akibat menggaji koruptor. Perhitungan ICW berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 terkait penggajian PNS di golongan III.

Hal itulah yang membuat ICW mendorong BPK untuk menghitung kerugian negara. Dia berharap nantinya hasil perhitungan ini dapat memangkas PNS koruptor.

“ICW akan mendorong BPK dan mendesak untuk dilakukan perhitungan potensi kerugian negara. Ini bisa jadi landasan,” ucapnya.

Tak hanya itu, ICW berharap Badan Kepegawaian Negara (BKN) dapat segera melakukan proses terhadap PNS koruptor yang masih menerima gaji.

“Semoga Setelah itu BKN dapat melakukan proses. Mau itu pemblokiran atau apapun caranya. Yang pasti dorongannya pecat dulu PNS yang sudah terbukti melakukan korupsi,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor :

Ribuan PNS Koruptor Masih Terima Gaji, Per Tahun Negara Rugi Rp 72 M