alexametrics

Debat Capres, KPU Usulkan Masyarakat Bisa Tanya Paslon Capres-Cawapres

20 Februari 2019, 21:20:36 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan dalam debat kedua adanya pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat atau pakar ke pasangan capres dan cawapres. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan itu hanya sifatnya usulan yang bakal disampaikan kepada dua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Ini gagasan KPU ya, sama sekali belum diputuskan. Kami ingin ada pertanyaan langsung dari pihak yang terlibat dengan tema,” ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/2).

Adapun tema debat ketiga yang dilaksanakan pada 17 Maret mendatang adalah, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Nantinya, KPU akan mengumpulkan para pelaku pendidikan, misalnya yang mempunyai sekolah di negeri dan swasta. Mereka nantinya dipilih oleh KPU untuk bisa mengajukan pertanyaan ke capres dan cawapres dalam debat.

“Jadi misalnya nanti dari pakar pendidikan, pengelola pendidikan pemerintah dan non-pemerintah,” katanya.

Sehingga KPU menginginkan adanya format baru di dalam debat ketiga, termasuk yang lainnya. Namun ini hanyalah sebuah usulan dari KPU yang belum diputuskan antara dua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi.

“Jadi saat ini kami juga sedang merumuskan bagaimana teknisnya nanti. Sebab gagasan ini harus dikaji,” ungkapnya.

Wahyu juga mengatakan apabila usulan ini diterima, nanti pertanyaan bukan hanya dari para panelis. Melainan pelaku yang terlibat dalam tema yang ditetapkan KPU bisa memberikan pertanyaan ke capres dan cawapres.

“Jadi pertanyaan dari panelis tetap da, tapi kamuduan ditambah melalui gagasan baru misalnya pelaku bisa bertanya,” pungkasnya.

‎Adapun debat ketiga akan mengundang para cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, untuk mengelaborasi tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat ketiga akan diselenggarakan di Hotel Sultan pada 17 Maret 2019 dan disiarkan jaringan televisi milik Chairul Tanjung, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor :

Debat Capres, KPU Usulkan Masyarakat Bisa Tanya Paslon Capres-Cawapres