alexametrics

Hanura Kubu Wiranto Bakal Gelar Munas Tandingan, Inas: Itu Ilegal

19 Desember 2019, 18:09:25 WIB

JawaPos.com ‎- Mantan Ketua Dewan Kehormatan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kubu Wiranto, Chairuddin Ismail mengatakan, pihaknya akan segera menggelar Musyawarah nasional (Munas) tandingan.‎

Munas tandinnan itu sebagai bentik protes dan penolakan terhadap Oesman Sapta Odang (OSO) yang menjabat sebagai ketua umum Partai Hanura masa bakti 2019-2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir menilai, koleganya Chairuddin telah melakukan tindakan ilegal apabila menggelar Munas tandingan. Alasannya karena dia bukanlah pengurus partai.

“Harus diketahui, Chaerudin itu bukan pengurus Partai Hanura lagi, artinya dia ingin melakukan tindakan ilegal. Masa mantan jenderal mau melanggar aturan,” ujar Inas saat dihubungi, Kamis (19/12).

Inas juga mengatakan, yang berhak menggelar Munas adalah Partai Hanura kubu OSO. Hal itu karena memiliki Surat Keterangan (SK) yang sah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Karena berdasarkan AD/ART Hanura yang berhak mengadakan Munaslub adalah DPP yang sah berdasarkan UU Parpol, yakni DPP yang memiliki SK Menkumham, dimana sekarang ini sudah demisioner,” katanya.

Lebih lanjut, Inas tidak menyakini kubu Wiranto akan menggelar Munas tandingan. Sebab Partai Hanura kubu OSO memiliki DPP dan DPC yang sah.

“Jangan-jangan dia sedang mimpi kepingin jadi Ketua Umum partai Hanura,” ungkapnya.

‎Diketahui, pihak Wiranto lewat Ketua Dewan Kehormatan Hanura Chairuddin Ismail‎ menyatakan, akan membuat munaslib. Itu arena menganggap munas yang digelar Oesman Sapta Odang (OSO) abal-abal. Kubu pendiri Hanura ini mengatakan ingin menyelamatkan partai.

“Itu bukan Munas, itu adalah kenduri nasional. Karena enggak ada pertanggungjawaban ketua. Masalah anggaran dasar itu semua tidak dipenuhi,” ujar Chairuddin Ismail

Kepengurusan pihak OSO memang terdaftar di Kemenkumham. Namun pihak Wiranto menganggap hal yang terpenting adalah soal legitimasi.

Kubu Wiranto akan menetapkan Plt Ketum Hanura. Tak hanya itu, Chairuddin menyebut pihaknya akan kembali merangkul pihak-pihak yang disingkirkan oleh kubu OSO.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads