alexametrics

Langgar Hak Privasi, Komisi III Minta Propam Periksa Aipda Ambarita

19 Oktober 2021, 16:23:46 WIB

JawaPos.com – Aipda Monang Parlindungan Ambarita telah resmi dimutasi akibat aksinya yang memeriksa paksa handphone milik warga. Kejadian itu pun kemudian viral di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani mengatakan, tindakan Ambarita telah melanggar privasi masyarakat. Sehingga aksi tersebut sangat tidak dibenarkan.

“Ya itulah yang tadi soal oknum patroli kemudian memeriksa HP seacara paksa. Saya kira itu sudah melanggar privasi,” ujar Arsul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/10).

Karena itu, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini meminta agar Divpropam melakukan pemeriksaan kepada Ambarita. Misalnya ada pelanggaran pidana maka bisa langsung diproses hukum.

“Saya ingin itu Propam menyelidiki dan kalau perbuatan itu ada unsur pidana ya harus diproses pidana. Berdasarkan apa? Mungkin Undang-Undang Telekomunikasi, UU ITE saya belum tahu persis seperrti apa. Atau mungkin melalui KUHP biasa,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran memutasi Banit 51 Unit Pengendalian Masyarakat (Dalmas) Satuan Sabhara Polres Metro Jakarta Timur Aipda Monang Parlindungan Ambarita. Keputusan itu menyusul viralnya video Ambarita yang asal menggeledah handphone milik seorang remaja.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads