JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pilpres 2019

Sandiaga Uno Disebut Sebagai Ulama, Fahri Kritik Pedas HNW

19 September 2018, 15:05:26 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR yang juga politikus PKS Fahri Hamzah mengkrtik pernyataan Hidayat Nur Wahid (HNW) yang menyebut Sandi adalah ulama. (Jpnn/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) kembali menjadi sasaran kritik Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, yang tidak lain adalah rekan satu partainya di Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Itu lantaran HNW menyebut Sandi sebagai ulama.

Menurut Fahri, sebutan ulama untuk calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto itu justru menunjukkan kekacauan cara berpikir. Karena ulama bermakna ilmuwan. Sedangkan Sandi adalah pengusaha yang lebih tepat disebut pedagang.

"Jadi kalau ilmuwan ya ilmuwan, bukan pedagang. Sandi itu pedagang, ya berarti bukan ulama," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).

Mantan Wakil Sekretaris Jenderal PKS itu menjelaskan, ada parameter tertentu untuk mengategorikan seseorang sebagau ulama. Misalnya, latar belakang pendidikannya, hafal dan memahami ayat Alquran ataupun hadis, dan kesetiaan kepada ilmu.

"Lah pebisnis seperti Sandi disebut ulama, kan nanti jadi repot," kata Fahri.

Fahri mencontohkan dirinya yang hingga saat rajin membaca dan menulis buku tapi tidak lantas menyebut diri sebagai ulama. Sebab, pria asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berkiprah di politik.

“Karena saya ini tekunnya berpolitik sekarang ini. Yang saya kuasai spesialisasinya politik," ungkapnya. 

Fahri menambahkan, mungkin gelar santri lebih pas untuk Sandi. Kesannya, gelar ulama untuk Sandi hanya untuk mengimbangi KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi cawapres pendamping Joko Widodo.

“Jadi karena KH Ma'ruf ulama, Sandi ulama juga? Ya tidak bisa begitu, ada ketegorisasinya," kata Fahri. 

Sebelumnya HNW menyebut Sandiaga Uno sebagai ulama. Bahkan sebelumnya Presiden PKS Sohibul Iman menyebut Sandi sebagai santri post-Islamisme.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up