alexametrics
Pilpres 2019

Aliran Ekonomi Kwik Cocok dengan Prabowo, Hasto: Jangan Asal Klaim

19 September 2018, 11:17:57 WIB

JawaPos.com – Keinginan politikus senior PDIP Kwik Kian Gie untuk menjadi tim penasihat ekonomi Prabowo-Sandi, tentu dilandasi oleh rasa kecocokan, baik secara ideologi maupun pemikiran. Itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Dijelaskan Muzani, keduanya memiliki chemistry yang sama sehingga Kwik mau menjadi penasihat bidang ekonomi pasangan Prabowo-Sandi.

“Jadi saya kira Pak Kwik Kian Gie merasa ada kecocokan antara beliau dengan Pak Prabowo sehingga ada chemistry yang sama mempertemukan pandangan-pandangan ekonominya terhadap Pak Prabowo,” kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Ahmad Muzani
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menilai aliran pemikiran Kwik Kian Gie sangat cocok dengan Prabowo. (Jpnn/JawaPos.com)

Muzani pun tidak mempermasalahkan pernyataan Kwik yang mengaku masih sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu mengatakan bahwa untuk memperbaiki ekonomi Indonesia bisa dari mana saja tanpa melihat latar belakang partai politik.

“Aliran politik itu tidak akan memengaruhi komitmen untuk mengambil kebaikan dari siapa pun,” ungkap Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah juga merespons langkah Kwik yang mau menjadi penasihat bidang ekonomi pasangan Prabowo-Sandi.

Menurut Fahri, tidak mungkin aliran pemikiran Kwik yang nasionalis bergabung dengan arus besar pemikiran kaum liberal dalam ekonomi. Sehingga Kwik memilih bergabung dengan Prabowo yang memiliki nasionalisme tinggi termasuk dalam bidang ekonomi.

“Jadi mau tidak mau dia (Kwik) pasti dengan Pak Prabowo yang istilahnya itu nasionalisme ekonominya tinggi,” ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/9).

Fahri memandang, bergabungnya Kwik juga akan memberikan pengaruh elektoral yang besar kepada Prabowo-Sandi. Sebab, ujar Fahri, Kwik tidak hanya seorang politikus PDI Perjuangan. “Tapi juga nasionalis ekonomi dan pemegang aliran ekonomi yang penting di Indonesia ini,” katanya.

Namun, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak asal mengklaim anggotanya, Kwik Kian Gie. Menurut anak buah Megawati itu, aksi klaim kubu sebelah bisa menimbulkan kecemasan di tengah-tengah masyarakat.

“Pak Kwik masih menjadi anggota PDIP. Jadi tolong jangan tutup ruang keadaan publik hanya karena seseorang bertemu pasangan calon,” kata Hasto dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Hasto mengaku, Kwik yang merupakan ekonom ternama yang pernah diundang kubu sebelah sebagai narasumber. Namun, Hasto heran kubu Prabowo-Sandi malah mengklaim sepihak bahwa Kwik sudah menjadi tim sukses mereka.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu menyatakan, Kwik merupakan penggagas paket kebijakan di pemerintahan saat ini. Bahkan, saat ini, Kwik juga menyusun paket ekonomi petahana jika terpilih selanjutnya.

“Kami telah lakukan misalnya tentang kedaulatan ekonomi kami. Itu kan bagian gagasan Pak Kwik,” kata dia.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (ce1/aim/gwn/JPC)


Close Ads
Aliran Ekonomi Kwik Cocok dengan Prabowo, Hasto: Jangan Asal Klaim