JawaPos Radar

Nasdem Tak Sepakat Hak Angket atas Pengangkatan Iwan Bule

19/06/2018, 17:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Nasdem Tak Sepakat Hak Angket atas Pengangkatan Iwan Bule
Pengangkatan Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar menimbulkan polemik. Tiga fraksi di DPR berencana mengajukan hak angket. (dok. Puspen Kemendagri)
Share this image

JawaPos.com - Polemik pengangkatan Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat terus menuai pro kontra. Kali ini, sejumlah fraksi di DPR menggulirkan wacana hak angket atas keputusan tersebut.

Menanggapi wacana tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Willy Aditya memastikan Nasdem tak setuju. Willy menyampaikan, partainya yakin pengangkatan Iriawan sudah prosedural dan tidak melanggar undang-undang.

"Nasdem tentunya tidak akan ikut mengusulkan hak angket. Kami berpikir positif bahwa proses pengangkatan Komjen Pol Irawan sebagai PJS Jabar sudah melalui kajian dan sesuai UU Pilkada tahun 2016," kata Willy kepada Wartawan, Selasa (19/6).

Willy menuturkan, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu sudah tak lagi menjabat aktif di Polri. Iwan Bule kini aktif di luar struktural Polri, yakni sebagai sestama di Lemhanas.

"Ini juga pernah dilakukan untuk Sulawesi Barat dengan mengangkat Irjen Pol Carlo Tewu yang menjabat di Menko Polhukam dan tidak menimbulkan polemik," ujar Willy.

Apalagi, kata Willy, Polri pun telah berjanji untuk menjaga netralitas anggotanya selama berlangsungnya Pilkada Serentak 2018.

Sebelumnya tiga fraksi di DPR mengusulkan hak angket atas pelantikan Iwan Bule sebagai Pj Gubernur Jabar. Mereka yakni Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Demokrat.

Sementara itu, petinggi Golkar Ace Hasan Syadzily menilai usulan ketiga fraksi untuk menggulirkan hak angket berlebihan. Menurutnya, DPR melalui Komisi II cukup memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk memberikan penjelasan.

(aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up