alexametrics

Survei DSI: Airlangga dan Golkar di Posisi Teratas untuk Pemilu 2024

19 Maret 2022, 18:08:20 WIB

JawaPos.com – Partai Golkar dan ketua umumnya Airlangga Hartarto kembali menjadi yang teratas dalam survei piihan masyarakat untuk Pemilu 2024.

Survei Dinamika Survei Indonesia (DSI) mencatat, preferensi public terhadap tokoh yang paling banyak dipilih jika Pilpres digelar hari ini memunculkan nama Airlangga Hartarto di urutan teratas.

Koordinator Survei Nasional DSI Permadi Yuswiryanto menuturkan, nama Airlangga berhasil mengungguli sejumlah nama yang beberapa waktu lalu selalu menempati posisi tertinggi hasil survei pilpres. Dari survei yang digelar pada 2 hingga 15 Maret 2022 ini, Airlangga elektabilitas Airlangga mencapai 21,7 persen.

’’Airlangga Hartarto mendapat elektabilitas tertinggi dan dianggap sebagai representasi sosok presiden yang diinginkan masyarakat dengan perolehan 21,7 persen,” tutur Permadi dalam keterangan, Sabtu (19/3).

Permadi menambahkan, di urutan kedua, muncul nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 17,8 persen. Selanjutnya, di belakang Prabowo, muncul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 15,6 persen di urutan ketiga. Sebanyak 12,3 persen dari 2.500 responden masih belum menentukan pilihan jika pilpres digelar hari ini.

Selain nama Airlangga, Partai Golkar juga menempati urutan teratas mengungguli partai pemenang Pemilu 2019, PDIP. Permadi mengatakan, tren elektabilitas Golkar terus naik dibanding hasil survei DSI pada Desember 2021. ’’Partai Golkar berhasil menempati urutan pertama dengan tingkat elektabilitas 16,1 persen,” katanya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: