alexametrics

MK Kabulkan Gugatan Sengketa Pilkada Teluk Wondama

Coblos Ulang di Pilkada Teluk Wondama
19 Maret 2021, 16:44:18 WIB

JawaPos.com – Sepuluh gugatan yang sempat masuk dalam tahapan sidang pembuktian perselisihan hasil pilkada (PHP) dibacakan putusannya oleh Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin (18/3). Hasilnya, sembilan perkara kandas dan satu perkara dikabulkan sebagian.

Satu perkara yang dikabulkan adalah gugatan PHP Teluk Wondama, Papua Barat, yang diajukan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Elysa Auri-Feri Michael.

Dalam putusannya, MK membatalkan Keputusan KPU Teluk Wondama Nomor 285/PL.02.6-Kpt/ 9207/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan hasil rekapitulasi, khususnya di empat tempat pemungutan suara (TPS).

Yakni TPS 05 Kampung Wasior II ditambah tiga TPS di Kampung Maniwak, yaitu TPS 04, TPS 09, dan TPS 14. MK memerintahkan pemungutan suara ulang (PSU) di empat TPS tersebut. ”Pemungutan suara ulang dimaksud harus dilakukan dalam tenggang waktu 30 hari kerja sejak putusan ini diucapkan,” kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan.

Dikabulkannya PSU di empat TPS masih di bawah dalil pemohon. Mereka mengadukan sembilan TPS bermasalah. Namun, dengan selisih suara antara pemohon dan pihak terkait yang hanya 319 suara, hasil di empat TPS itu masih potensial mengubah hasil pilkada.

Dalam pertimbangannya, MK menilai dalil pemohon terkait adanya pelanggaran di empat TPS beralasan secara hukum. Hakim MK Arief Hidayat menjelaskan, berdasar fakta persidangan, MK menemukan pemilih yang menggunakan hak pilih lebih dari sekali di setiap TPS yang dikabulkan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/c9/bay

Saksikan video menarik berikut ini: