alexametrics
Pilpres 2019

Ma’ruf Vs Sandi, Pertarungan Generasi Baby Boomer Lawan Milenial

19 Maret 2019, 23:43:16 WIB

JawaPos.com – Pertarungan di arena debat antara Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno selesai digelar. Kedua cawapres itu menjadi aktor utamanya. Adu gagasan keduanya sekaligus menjadi penegasan bahwa kursi Wapres bukanlah pelengkap demokrasi.

CEO Makna Informasi Rahmat Yananto memaparkan, debat ketiga kemarin merepresentasikan adu gagasan dua generasi, Sandiaga Uno Generasi X, yang dekat dengan Generasi Y (Millenials). Sementara Ma’ruf Amin sebagai perwakilan generasi Baby Boomers yang tumbuh di era pertanian dan manufaktur.

“Dalam konteks perebutan suara millenials tentu saja jarak generasi tersebut menjadi kelemahan untuk Kiai Ma’ruf. Sebaliknya, kedekatan Sandiaga Uno dengan generasi millienials menjadi kekuatan,” ujar Rahmat kepada JawaPos.com, di Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut Rahmat, salah satu kekuatan Sandi ialah, ketika melontarkan gagasan tentang ‘Rumah Siap Kerja’ dan menghapus Ujian Nasional (UN). Melalui kebijakan tersebut cawapres 02 seolah ingin mengingatkan bahwa jika tidak dilakukan perubahan, maka tamatan SMK, SMA dan Diploma bisa menjadi penyumbang angka pengangguran. 

“Sudah selayaknya tamatan sekolah-sekolah tersebut seharusnya mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, lanjut Rahmat, Sandi seperti sudah mendeteksi adanya ketidaksesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri (pasar). Karena itu, kubu 02 menawarkan solusi nyata dengan mendirikan ‘Rumah Siap Kerja’ yang bisa berbentuk coworking, creative hub, mampu menjembatani ketidaksesuaian tersebut dalam satu pelayanan terpadu.

Sementara itu, Kiai Ma’ruf justru menawarkan Kartu Pra Kerja, gagasan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi sebagai capres nomor urut 01. 

“Inilah yang membedakannya dengan posisi gagasan Sandi dengan Kiai Ma’ruf yang menjadi perpanjangan Jokowi dalam menghadirkan solusi masalah pengangguran,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Ma'ruf Vs Sandi, Pertarungan Generasi Baby Boomer Lawan Milenial