alexametrics

4 Segmen Pemilih Putuskan Jadi Golput, Jokowi-Ma’ruf Bakal Rugi

19 Maret 2019, 15:59:16 WIB

JawaPos.com – Empat segmen pemilih berpotensi menjadi golongan putih (golput) alias tidak memilih. Jika mereka tidak menggunakan hak suaranya pada hari H, maka pasangan capres Jokowi-Ma’ruf Amin bakal sangat mengalami dampaknya.

Berdasar hasil surveinya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terdapat beberapa segmen pemilih yang menjadi golput. Di antaranya pemilih minoritas, masyarakat kelas bawah atau wong cilik, pemilih terpelajar, dan pemilih milenial.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman, menyatakan sekali pun elektabilitas petahana sudah unggul 27,8 persen dari rivalnya, tapi itu belum aman. Jika berkaca pada Pemilu 2014, angka golput mencapai 30,42 persen.

Pada segmen pemilih minoritas petahana sudah unggul dengan mendapat suara 80,3 persen. Angka itu sangat jauh sekali dibanding rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendpaat 11,6 persen.

Potensi terjadinya golput pada pemilih minoritas karena mereka akan pergi ke luar negeri untuk berlibur. Apalagi pada Jumat (19/3) adalah hari libur nasional. Hari libur itu hanya selang dua hari dari waktu pemilihan Pemilu 2019 yang jatuh pada Rabu (17/3).

“Alasan golput di pemilih minoritas yaitu karena libur panjang. Tanggal 19 April itu hari libur nasional, peringatan wafatnya Isa Almasih,” ujar Ikrama Masloman di kantor LSI Rawamangun, Jakarta, Selasa (19/3).

Alasan lain terjadi golput di segemen minoritas, mereka merasa tidak aman. Pemilih itu banyak berpindah lokasi mencoblos ke luar negeri.

Pada segmen wong cilik, Jokowi juga akan dirugikan jika terjadi golput. Pasalnya petahana mendapat dukungan 63,7 persen berbanding 27,4 persen milik Prabowo.

Indikasi terjadinya golput di segmen ini, karena pemilih tidak terinformasi dengan baik terkait pelaksanaan pemilu. Potensi lain mereka memutuskan golput karena harus bekerja di hari pencoblosan. Adapula masalah administrasi yang membuat pemilih gagal menyalurkan suara.

“Jokowi-Ma’ruf juga dirugikan oleh golput di pemilih milenial. Margin kemenangan mereka di segmen ini besar 22,0 presiden,” imbuh Ikrama.

Di segmen pemilih emak-emak, Jokowi-Ma’ruf juga akan rugi jika terjadi golput. Sebab sejauh ini petahana memperoleh dukungan 61,0 persen, sedangkan Prabowo-Sandi hanya 30,0 persen.

Sedangkan, Prabowo-Sandi akan dirugikan jika terjadi golput di segmen pemilih terpelajar. Sebab di ceruk ini mereka unggul 45,4 persen, berbanding 36,1 persen milik Jokowi.

Untuk informasi, survei ini dilakukan pada rentang waktu 18-25 Februari 2019, menggunakan metode multistage random sampling, dengan melakukan wawancara tatap muka. Jumlah responden yang dilibatkan yaitu 1.200 orang pada margin of error 2,9 persen.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
4 Segmen Pemilih Putuskan Jadi Golput, Jokowi-Ma'ruf Bakal Rugi