JawaPos Radar

Amien Tuding Jokowi Bohong Soal Sertifikat Tanah, Fahri Bilang Begini

19/03/2018, 23:16 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah merespon soal tudingan Amien Rais kepada Presiden Jokowi. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tudingan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menyebut soal pembagian sertifikat tanah bagi warga yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah bohong, menuai respon dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

"Jokowi harus jelaskan bagi-bagi tanah ini. Dari tanah belum ada kemudian dibagi, atau sudah punya orang tapi belum punya surat," kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3). 

Legislator asal NTB itu juga menegaskan, persoalan itu ibarat warga negara yang berhak mendapatkan akta kelahiran. Karena itu negara wajib memberi akta kelahiran itu secara gratis.

"Sama kalau anda punya tanah, masih dalam bentuk bukti pemilikan tanah zaman Belanda dulu, oleh pemerintah dibantu eigendom verponding diubah jadi akta. Itu artinya bukan bagi-bagi tanah, itu cuma pengurusan administrasi dan itu hak rakyat," katanya. 

Menurut Fahri, pengurusan administrasi itu memang sudah seharusnya gratis. Karena itu, rakyat tak perlu berterima kasih ke Jokowi.
 
"Tidak usah ucapkan terima kasih, emang itu hak kita. Pertanyaannya apakah Pak Jokowi ini memberi (sertifikat) tanah atau mengurus administrasinya orang? Kalau mengurus administrasi tidak usah pakai penyerahan-penyerahan," paparnya. 

(jpg/aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up