PKS Klaim Segera Deklarasi Koalisi Perubahan Bersama Nasdem-Demokrat

19 Januari 2023, 13:57:05 WIB

JawaPos.com – Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat sampai sekarang belum juga menyepakati kerja sama politik dalam menghadapi Pemilu 2024. Namun, PKS menyebutkan bahwa koalisi tiga partai itu segera dideklarasikan.

Menurut Al Muzzammil Yusuf, ketua DPP PKS Bidang Polhukam, pihaknya optimistis koalisi PKS bersama Demokrat dan Nasdem akan terbentuk. Namun, dia tidak menyebut kapan deklarasi dilakukan. Yang jelas, koalisi tiga partai itu solid dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Muzzammil menegaskan, penjajakan koalisi yang dibangun PKS bersama Nasdem dan Demokrat mengedepankan equal partnership. Tak saling memaksa serta saling menghormati mekanisme internal masing-masing partai. ”Sehingga kami yakin Koalisi Perubahan yang terbentuk akan solid,” ucapnya.

Dia mengajak Nasdem dan Demokrat sebagai calon mitra koalisi untuk banyak mendengar aspirasi publik. Terutama tentang pasangan capres-cawapres yang akan diusung pada pilpres mendatang. Saat ini merupakan momen yang tepat. Hal itu bisa didapatkan dari hasil survei yang objektif. ”Sehingga pasangan calon yang akan dideklarasikan adalah yang terbaik sesuai harapan publik untuk Indonesia yang lebih baik,” tuturnya.

Muzzammil juga menyambut baik pencapresan Anies Baswedan yang telah dilakukan Nasdem. Dia menyatakan, ketiga partai menilai Anies sebagai salah satu capres harapan publik. Soal nama cawapres akan dibahas bersama. ”Kami yakin persoalan perbedaan cawapres akan mampu dibicarakan dengan hati lapang demi kemaslahatan besar untuk bangsa dan negara ke depan,” tegas anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, partainya sedang menunggu kesiapan Demokrat dan PKS untuk deklarasi koalisi bersama. Pihaknya tidak ingin dianggap kebelet untuk berkoalisi. Pada Februari nanti, lanjut Willy, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh akan bertemu Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri. ”Pertemuan itu sudah beberapa kali kami agendakan, tapi tertunda karena banyak kegiatan,” ujarnya.

Willy menambahkan, sejauh ini tim kecil ketiga partai masih terus melakukan pembicaraan tentang rencana koalisi. Jika sudah disepakati, dipastikan deklarasi akan dilakukan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lum/c9/hud

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads