alexametrics

Jokowi Bebaskan Ba’asyir Tanpa Syarat, Anak Buah Mega Bilang Begini

19 Januari 2019, 11:05:52 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberi dukungan sepenuhnya terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan Abu Bakar Ba’asyir tanpa syarat. Apalagi terpidana terorisme itu sudah menjalani dua pertiga dari masa hukumannya. 

Kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, proses hukum sudah ditegakkan. Namun dilakukan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan.

“Sehingga dengan prinsip kemanusiaan itulah kami memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kebijakan Presiden Jokowi,” kata Hasto menjawab wartawan di sela Safari Kebangsaan PDI Perjuangan V menyusuri DKI Jakarta, Sabtu (19/1).

Hasto menjelaskam, Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tentu memiliki kebijakan yang didasarkan pada Konstitusi dan Pancasila. Dalam mengambil keputusan ini Jokowi juga sudah berdialog dengan pakar hukum, Yusril Ihza Mahendra. 

“Dan itu merupakan suatu hal yang baik dan kami dukung sepenuhnya keputusan Pak Jokowi,” imbuh Hasto.

Sebelumnya, terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir bakal menghirup udara bebas pekan depan. Sebab, Presiden Joko Widodo telah mengabulkan permintaannya untuk bebas tanpa syarat.

Keputusan pria yang akrab disapa Jokowi itu disampaikan langsung kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra kepada Ba’asyir di Lapas Gunung Sindir, Bogor, hari ini.

Kabar tersebut langsung disambut baik pihak Ba’asyir. Kuasa hukumnya, Achmad Michdan sedang mengurus administrasi kebebasan tersebut. “Mungkin untuk administrasinya sekitar satu minggu ini,” kata dia saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (18/1).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi Bebaskan Ba'asyir Tanpa Syarat, Anak Buah Mega Bilang Begini