alexametrics

PDIP Sebut Sudah Jalankan Gagasan dari Kwik Kian Gie

18 September 2018, 14:26:07 WIB

JawaPos.com – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyebut tidak pernah mengabaikan gagasan seniornya Kwik Kian Kie dalam mengelola pemerintahan. Hal ini dikatakan Hasto, menanggapi Kwik Kian Gie yang pernah menulis buku di tahun 2009 dan 2014, terkait cara-cara mengatasi situasi perekonomian di Indonesia.

“Kami sudah menjalankan hal tersebut,” ujar Hasto dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Hasto, Presiden Jokowi telah menjalankan apa yang digagas oleh Kwik Kian Gie. Misalnya memulai pembangunan dari pinggiran Indonesia. Sehingga ia menyebut tidak pernah mengabaikan gagasan yang ditulis oleh Kwik Kian Gie.

“Pak Jokowi menjalankan konsepsi pembangunan dari pinggiran, kemudian upaya renegosiasi Freeport, sehingga kita punya kedulatan dalam mengusahakan kekayaan sebesar-besarnya untuk kemakmurang rakyat,” katanya.

“Kemudian blok Mahakam, blok Rokan di Riau. Itu kan bagian dari gagasan-gagasan Pak Kwik. Jadi kami bukan hanya mendengarkan. Tapi malah melaksanakan itu,” tambahnya.

Sebelumnya, plitikus senior PDIP Kwik Kian Gie akhirnya buka-bukaan alasannya menerima tawaran menjadi penasihat ekonomi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Faktor keseriusan yang ditunjukan oleh mantan Danjen Kopassus itulah yang menjadi dasarnya.
Mula-mula Kwik menceritakan bahwa sejak 2004 ia telah menulis sebuah buku kecil. Isinya bermuatan poin-poin penting cara menangani situasi perekonomian Indonesia.

Namun tidak ada satu pihakpun yang meresponnya, termasuk internal partainya. Hingga Pemilu 2014 masih tidak ada satupun pihak yang merespon buku kecilnya. Bahkan ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Kwik pernah menyampaikan gagasannya, namun tetap bernasib sama.

Namun setelah lebih dari 10 tahun tidak mendapat respon dari satu orang pun, Prabowo menjadi orang pertama yang merespon gagasan Kwik. Mantan Danjen Kopassus itu secara detail membaca satu per satu bukunya. Hingga berujung pada diskusi bersama.

Atas dasar itu, pria yang pernah menjadi Wakil Ketua MPR RI tersebut akhirnya memutuskan menerima ajakan Prabowo menjadi penasihat ekonomi. Setelah saat itu, ia pun rutin memberikan nasihat kepada Ketua Umum Gerindra tersebut.

Editor : Kuswandi

Reporter : (gwn/JPC)


Close Ads
PDIP Sebut Sudah Jalankan Gagasan dari Kwik Kian Gie