alexametrics

Kwik Ngaku Dicuekin Jokowi, Begini Respons KH. Ma’ruf Amin

18 September 2018, 16:39:24 WIB

JawaPos.com – Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kwik Kian Gie akhirnya blak-blakan alasannya menerima pinangan Prabowo Subianto sebagai penasihat ekonominya. Kwik mengatakan jika selama ini konsep ekonomi yang ditwarkan Kwik kepada seluruh pihak tidak mendapat respon, termasuk oleh Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi itu, Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Ma’ruf Amin mengaku tidak tahu persis penolakan yang diterima Kwik. Ia belum mendengar sedikitpun jika PDIP atau Jokowi pernah menolak konsep ekonomi Kwik.

“Saya belum tahu kapan ditolaknya (konsepnya Kwik),” ujar Ma’ruf di kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Ketua Umum MUI tersebut pun mengaku tidak tahu persis isi dari konsep ekonomi Kwik. Namun ia menilai bahwa di pihak Jokowi memiliki tim ekonomi sendiri, untuk merumuskan segala kebijakan yang akan diambil.

“Konsep ekonominya (Kwik) apa saya belum tahu. Memang di sana (Jokowi) ada tim kan, kalau tim itu kan bagaimana ekonomi bisa diterima,” sambungnya.

Di sisi lain terkait bergabungnya Kwik ke kubu Prabowo-Sandi, Ma’ruf tidak mau ambil pusing. Menurutnya itu bagian dari pilihan politik masing-masing yang harus dihargai. “Ya nggak ada masalah ya (Kwik gabung ke Prabowo). Itu kan pilihan Kwik memilih ke sana,” tandasnya.

Sebelumnya politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kwik Kian Gie akhirnya buka-bukaan alasannya menerima tawaran menjadi penasihat ekonomi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Faktor keseriusan yang ditunjukan oleh mantan Danjen Kopassus itulah yang menjadi dasarnya.

Mula-mula Kwik menceritakan bahwa sejak 2004 ia telah menulis sebuah buku kecil. Isinya bermuatan poin-poin penting cara menangani situasi perkonomian Indonesia. Namun tidak ada satu pihakpun yang meresponnya, termasuk internal partainya.

Hingga pemilu 2014 masih tidak ada satupun pihak yang merespon buku kecilnya. Bahkan ketika Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Kwik pernah menyampaikan gagasannya, namun tetap bernasib sama.

“Saya berbicara dengan Jokowi (saat hari pemakaman Taufik Kemas). Bapak sudah jadi Gubernur tolong gunakan popularitas bapak untuk bangsa ini jangan hanya untuk DKI. Langsung saya kirimkan segepok hard copy plus banyak soft copy (pemikiran saya), satu kata pun tidak ada reaksi,” ujar Kwik di Jalan Kertanegara Nomor IV Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (17/9).

Namun setelah lebih dari 10 tahun tidak mendapat respon dari satu orang pun, Prabowo menjadi orang pertama yang merespon gagasan Kwik. Mantan Danjen Kopassus itu secara detail membaca satu per satu bukunya. Hingga berujung pada diskusi bersama

“Prabowo punya atensi (terhadap huku saya), dibaca satu-satu, saya diajak diskusi,” sambung Kwik.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
Kwik Ngaku Dicuekin Jokowi, Begini Respons KH. Ma'ruf Amin