alexametrics

Jelang Kongres Ke-5 PDIP, Pramono Yakin Megawati Tak Terganti

18 Juni 2019, 16:41:34 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) esok hari, Rabu (19/6). Agenda ini merupakan runtutan jelang kongres partai. Salah satu yang akan dibahas yaitu terkait posisi ketua umum.

Politikus senior PDIP Pramono Anung mengatakan, untuk poisisi ketua umum, Megawati Soekarnoputri masih berpotensi besar akan tetap menjabat sebagai pemegang kendali partai. Dalam kongres ke-V nanti, kata dia, Megawati tetap akan jadi calon ketua umum secara Aklamasi.

“Kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres kemungkinan besar akan aklamasi,” kata Pramono di Kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (18/6).

Aklamasi dilakukan sebab di tangan Megawati, PDIP terus berkembang pesat dari periode ke periode. Oleh sebab itu, Presiden RI kelima itu akan kembali diminta oleh para kadernya untuk bersedia kembali duduk disinggasana tertinggi partai.

“Karena memang Bu Mega sebagai pemersatu partai. Dalam kongres nanti kesabisabmungkinan besar Bu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi ketua umum,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menteri Sekretaris Kabinet itu tak memungkiri nantinya di PDIP akan ada jabatan Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum. Pembahas posisi itu akan dilakukan dalam Kongres V nanti.

“Nah yang kedua memang ada wacana apakah nanti ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres,” kata mantan Sekjen PDIP itu.

Namun, untuk merealiasasikan rencana ini, partai berlambang banteng moncong putih ini harus melakukan perubahan dalam AD/ART partai. Sebab dalam aturan sekarang belum terlampir hal itu

“AD/ART akan diputuskan di dalam kongres partai. Dan itu hanya keputusan kecil kalau mau ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum,” tegasnya.

Meski begitu, Pramono masih enggan membuka nama-nama yang berpotensi mengisi posisi Ketua Harian, maupun Wakil Ketua Umum. “Ya ada beberapa nama,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan