JawaPos Radar

Tak Perlu Diributkan, Ini Dasar Kemendagri Lantik Komjen Iwan Bule

18/06/2018, 15:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Tak Perlu Diributkan, Ini Dasar Kemendagri Lantik Komjen Iwan Bule
Sekertaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (PJ) Jawa Barat oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. (dok. Puspen Kemendagri)
Share this

JawaPos.com - Sekertaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (PJ) Jawa Barat. Adapun dasar pelantikan polisi bintang tiga itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 Tahun 2016.

"Alasannya karena sudah ada aturannya. Ada Keppres Nomor 106 Tahun 2018," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono kepada JawaPos.com, Senin (18/6).

Menurut Sumarsono, adanya dasar Keppres Nomor 106 Tahun 2018 tersebut yang akan menepis munculnya polemik terkait dilantiknya mantan Kapolda Metro Jaya sebagai PJ Gubernur Jawa Barat. Terlebih, lanjut Sumarsono, meski berpangkat jenderal bintang tiga, namun posisi pria yang akrab disapa Iwan Bule ini ada di lembaga sipil negara.

Tak Perlu Diributkan, Ini Dasar Kemendagri Lantik Komjen Iwan Bule
Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule ini juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat pada tahun 2013-2015.‎ (dok. Puspen Kemendagri)

"Sekarang yang bersangkutan sudah pindah sebagai eselon 1 (Sestama Lemhanas) dan memenuhi syarat untuk jadi PJ Gubernur berdasarkan aturan yang ada. Sehingga tak perlu dipolemikkan," urai Sumarsono.

Sumarsono pun menampik jika Kemendagri kekurangan kualitas pegawai untuk menjabat sebagai PJ Gubernur. Ia menuturkan hal itu semata untuk menjalankan kerja sama antarlembaga negara.

"Menjalin kerja sama antarlembaga itu diperlukan. Tidak semua (SDM) harus dari Kemendagri," tutur PJ Gubernur Sulawesi Selatan ini.

Lebih lanjut, Sumarsono memastikan dilantiknya Iwan Bule sebagai PJ Gubernur tidak akan mengganggu integritas Polri dalam mengamankan Pilkada Serentak 2018. "Sekarang Pak Iriawan di Lemhannas yang juga instansi sipil," pungkasnya.

(ce1/rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up