JawaPos Radar

Mendagri Bantah Iwan Bule Pilihan Jokowi

18/06/2018, 18:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Mendagri Bantah Iwan Bule Pilihan Jokowi
Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (PJ) Jawa Barat oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. (dok. Puspen Kemendagri)
Share this

JawaPos.com - Beredar informasi ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah orang yang menginginkan Komisaris Jenderal Pol Mochmada Iriawan menjadi penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jawa Barat (Jabar). Padahal Menteri Dalam Negeri (Mendagri), T‎jahjo Kumolo sudah mengajukan anak buahnya, yakni Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo, sebagai Pjs Gubernur Jabar.

‎Saat dikonfirmasi kebenaran hal itu, Tjahjo Kumolo membantahnya. Dia menegaskan, tidak benar kabar yang menyebutkan Presiden Jokowi adalah orang yang menginginkan Iriawan menjadi Pjs Gubernur Jabar.

"Tidak benar nama tersebut. Penjabat gubernur itu tidak benar (berdasarkan pilihan Presiden Jokowi)," ujar Tjahjo saat dikonfirmasi, Senin (18/6).

Menurut Tjahjo, usulan agar Iriawan menjabat sebagai Pjs Gubernur Jabar datang dari Kemendagri. Tjahjo mengajukan nama pria yang akrab disapa Iwan Bule itu lewat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Itu semua tanggung jawab saya sebagai Mendagri," katanya.

Bahkan, lanjut Tjahjo, penunjukan Iriawan juga tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan. Pasalnya tidak mungkin dia mengajukan nama calon yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

"Mendagri tidak akan mengajukan nama ke Istana kalau melanggar hukum. Mendagri siap tanggung jawab kepada Bapak Presiden Jokowi," pungkasnya.

Sekadar informasi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara resmi melantik Komisaris Jenderal Pol Mochamad Iriawan sebagai Pjs Gubernur Jabar. Pelantikan ini menyusul rampungnya masa tugas Ahmad Heryawan periode 2013-2018.

Iriawan sendiri merupakan perwira tinggi Polri. Sejak 8 Maret 2018, dia menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule ini juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat periode 2013-2015.

(gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up