JawaPos Radar

Iwan Bule jadi Pj Gubernur Jabar, Begini Pembelaan Polri

18/06/2018, 23:55 WIB | Editor: Estu Suryowati
Iwan Bule jadi Pj Gubernur Jabar, Begini Pembelaan Polri
Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (18/6). (dok. Puspen Kemendagri)
Share this

JawaPos.com - Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Komjen Pol Mochamad Iriawan telah resmi memegang tongkat komando orang nomor 1 di Jawa Barat. Ia telah dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur menggantikan Ahmad Heryawan yang habis masa baktinya.

Menyikapi hal itu, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memandang positif pengambilan kebijakan tersebut. Ia juga turut mendoakan koleganya itu menjalankan tugas barunya dengan baik.

"Oh bagus, insya Allah lancar ya. Saya ucapkan selamat," ujar Syafruddin di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/6).

Syafruddin juga memberikan pembelaan menyusul banyaknya kritik terhadap Iriawan. Ia berpendapat bahwa tidak ada yang salah dengan penunjukan mantan Asisten Operasi (Asop) Kapolri itu.

Syafruddin menuturkan, jabatan Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, sebagai Sestama Lemhanas telah di luar struktural Polri. Sebab Lemhanas ada dalam tanggung jawab Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Atas dasar itu, maka secara otomatis kedudukan Iwan Bule menjadi tanggung jawab penuh lembaga yang dipimpin oleh Tjahjo Kumolo. Statusnya juga disebut telah setara dengan pejabat eselon 1 sebuah Kementerian.

"Pak Iriawan sekarang posisinya sudah di Lemhanas, bukan di Polri lagi. Bukan lagi kewenangan Polri, tapi Mendagri karena di Lemhanas," tegas Syafruddin.

Sebagaimana diketahui, Iriawan telah dilantik menjadi Pj Gubernur Jabar pagi tadi, Senin (18/6). Jabatan baru itu resmi disematkan padanya oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Bandung.

Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) atas posisi Pj Gubernur Jabar, Iwan Bule akan mengisi posisi tersebut hingga dilantiknya pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2018.

(sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up