JawaPos Radar

Banyak yang Mengkritik, Ini Instruksi Tegas Kemendagri untuk Iwan Bule

18/06/2018, 16:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Banyak yang Mengkritik, Ini Instruksi Tegas Kemendagri untuk Iwan Bule
Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (PJ) Jawa Barat oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. (dok. Puspen Kemendagri)
Share this

JawaPos.com - Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini diproyeksikan menggantikan sementara Ahmad Heryawan (Aher) yang telah habis masa jabatannya sebagai gubernur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono menginstruksikan Iwan Bule menjaga netralitasnya sebagai Pj Gubernur. Selain itu mantan Kapolda Metro Jaya itu juga didorong agar membuat seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Barat bersikap netral selama berlangsungnya Pilkada.

"(Pesan saya) jaga netralitas sebagai Pj Gubernur dan jaga netralitas ASN se-Jabar," ujar Soni kepada JawaPos.com, Senin (18/6).

Banyak yang Mengkritik, Ini Instruksi Tegas Kemendagri untuk Iwan Bule
Iwan Bule akan memegang jabatan tersebut hingga dilantiknya pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada Jabar 2018. (dok. Puspen Kemendagri)

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu tak pula mengingatkan Iwan Bule agar tetap melanjutkan pembangunan yang tengah berjalan di wilayah Jabar. Selain itu, dia meminta agar seluruh fungsi pemerintahan tetap berjalan dengan baik.

"Jalankan semua fungsi pemerintahan dan pembangunan," imbuh Soni.

Lebih jauh Pj Gubernur Sulawesi Selatan itu meminta Iwan Bule agar menjalin koordinasi dengan aparat keamanan di Jabar. Hal itu bertujuan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman selama berlangsungnya Pilkada.

Dengan demikian Soni berharap Pilkada Jabar dapat berlangsung meriah. Selain itu, masyarakat dapat betul-betul merasakan kegembiraan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

"Serta jangan lupa dukung penyelenggaraan Pilkada yang aman dan damai. Sebuah pesta demokrasi yang menggembirakan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Iwan Bule resmi dilantik menjadi Pj Gubernur Jabar oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Bandung, pada Senin (18/6) pagi. Iwan Bule akan memegang jabatan tersebut hingga dilantiknya pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada Jabar 2018.

(ce1/sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up