alexametrics

KPU: Jangan Ada Saling Klaim Kemenangan Pilpres

18 April 2019, 14:11:27 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan rekapitulasi suara untuk Pilpres 2019. Hingga kini siapa yang meraih suara terbanyak belum bisa diketahui.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi berpesan kepada semua pihak jangan ada yang melakukan klaim kemenangan. Mereka harus menunggu hasil perhitungan suara yang dilakukan KPU.

“Bersabar untuk mengikuti penghitungan suara oleh KPU. Kita berharap klaim-klaim kemenangan dilakukan setelah hasil resmi yang dikeluarkan KPU,” ujar Pramono kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/4).

Pramono juga menyambut baik adanya ajakan dari para elite partai pendukung kedua pasangan capres dan cawapres, yang menginginkan supaya masyarakat bisa menciptaan suasana aman, tertib dan menjaga ketenangan.

“Dua-duanya sudah menyampaikan agar pendukung masing-masing agar menjaga ketenangan dan ketertiban,” katanya.

Pramono menambahkan apabila ada pihak-pihak yang keberatan dengan hasil penghitungan KPU. Maka sebaiknya menggunakan cara-cara yang sudah diajurkan UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017, dengan mengajukannya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi kalau ada merasa keberatan UU sudah menyediaan mekanisme penyampaian keberatan,” ungkapnya.

Selain itu Pramono mengharapkan para elite politik juga meminta para pendukung, simpatisan dan relawan menunggu hasil resmi proses penghitungan suara Pilpres 2019. Sehingga jangan ada yang main klaim kemenangan.

“Elite politik perlu mendorong konstituen, simpatisan untuk menunggu hasil resmi yang dikeluarkan KPU, sambil menjaga ketenangan,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads