alexametrics
Pilpres 2019

Sandi Balas Jurus ‘Kartu Sakti’ Jokowi dengan Selembar e-KTP

18 Maret 2019, 10:50:59 WIB

JawaPos.com – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno menyindir pemerintah yang kerap mengandalkan bagi-bagi kartu untuk penduduknya. Karena sebetulnya, seluruh kartu itu bisa disederhanakan dengan e-KTP, karena menurutnya penerbitan kartu telah membebani uang negara. 

“Sudah cukup. Kita tidak ingin merepotkan dan membebani negara dengan menerbitkan kartu-kartu yang lain,” kata Sandiaga di sesi penutup debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Sandi sempat meminta seluruh pendukungnya untuk mengeluarkan e-KTP. Sembari memamerkan e-KTP miliknya, ia menilai kartu tersebut telah memiliki teknologi yang canggih.

“Ini super canggih, sudah memiliki chip teknologi di dalamnya. Revolusi industri 4.0 memudahkan dengan big data, semua fasilitas layanan, baik ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, semua Rumah Siap Kerja bisa diberikan. PKH, kita akan tambah jadi PKH plus di dalam program yang hanya membutuhkan KTP ini. Ini adalah kartu kami,” tegas Sandi.

Sebagaimana diketahui, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali merilis kartu sakti dalam masa kampanye di pilpres 2019. Kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu merilis tiga kartu baru yakni Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Indonesia Prakerja.

Adapun KIP kuliah nantinya akan berlaku untuk anak-anak yang berkuliah di dalam dan luar negeri. KIP Kuliah akan berlaku mulai tahun depan. Kartu tersebut adalah kartu lanjutan dari KIP sekolah.

Sementara itu, Kartu Pra Kerja adalah untuk anak-anak yang lulus sekolah akan diberikan pelatihan supaya bisa masuk di dunia kerja. Kata Jokowi, kartu itu bakal memberikan insentif honor para pencari kerja sampai dapat kerja. Kurang lebih enam bulan sampai setahun.

Selanjutnya, Kartu Sembako Murah yang diperuntukan mendiskon harga-harga bahan pokok pada kalangan ibu-ibu. Kartu itu diharapkan dapat memudahkan para ibu rumah tanggan membeli sembako dengan harga terjangkau.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sandi Balas Jurus 'Kartu Sakti' Jokowi dengan Selembar e-KTP