alexametrics
Atasi Stunting di Indonesia

Bukan Sodakoh Putih, BPN Prabowo-Sandi Tawarkan Gerakan Emas

18 Maret 2019, 16:33:16 WIB

JawaPos.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengklarifikasi pertanyaan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin, soal program sodakoh putih. Mereka menyebut, program tersebut telah berganti nama dengan Gerakan emak-emak dan Anak Minum Susu alias Gerakan Emas.

Koordinator Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan, gerakan emas merupakan gerakan partisipatif yang bakal melibatkan banyak pihak. Artinya, gerakan itu bukan hanya dilakukan oleh negara, akan tetapi dibutuhkan bantuan para pemangku kepentingan lainnya.

“Stake holder itu siapa? ya pengusaha dan masyarakat,” kata Dahnil di Kantor Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (18/3).

Nantinya, gerakan ini merupakan wadah kepedulian masyarakat akan ketersedian nutrisi para tetangganya. Jadi, Dahnil menyebut, program ini diperlukan rakyat yang dapat berpartisipasi aktif.

“Melalui gerakan emas, kita mendorong program misalnya masyarakat yang mampu jangan sampai tak peduli dengan ketersediaan nutrisi para tetangganya. Kita ingin ada partisipasi dari publik,” tuturnya.

Itulah kenapa, lanjut Dahnil, soal adanya perubahan nama dari sodakoh putih menjadi gerakan emas. Perubahan nama program pun diajukan langsung oleh capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

“Dulu itu program oleh tim, (namanya) sedekah. Tapi Pak Prabowo tak setuju. Kenapa? Karena beliau tak ingin menempatkan masyarakat seperti seolah-olah meminta dan mengemis tapi menempatkan masyarakat dalam posisi setara,” terangnya.

Akan tetapi, Dahnil memastikan program ini juga bakal dianggarkan oleh pemerintah Prabowo-Sandi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kebijakan ini diharapkan mampu mengatasi masalah stunting di Indonesia.

“Jadi inti progam ini penyedian protein buat ibu miskin, emak-emak miskin dan anak-anak miskin. Nah makanya didukung  dengan enggak cuma susu, tapi ada telur, kacang hijau dan sebagainya,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor :

Bukan Sodakoh Putih, BPN Prabowo-Sandi Tawarkan Gerakan Emas