alexametrics

Tak Seperti TGB yang Punya Massa, Elektabilitas AHY Warisan dari SBY

18 Maret 2018, 22:58:16 WIB

JawaPos.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai haya kuat membangun citra persoanl dirinya sebagai calon pemimpin yang gagah, muda dan cerdas. Namun, hal itu kadang tidak berdampak pada kehadiran basis massa yang nyata di lapangan.

Karena itu, Partai Demokrat dinilai harus mempertimbangkan kembali jika ingin mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pemilu 2019. Lantaran AHY dinilai tidak memiliki massa yang nyata untuk mendukungnya dalam kontestasi pemilihan Calon Presiden (Caprs) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengakui tidak banyak figur capres dan cawapres yang  dari benar-benar menguasai lapangan dan memiliki massa nyata. Apalagi figur muda AHY, yang jelas sangat berbeda dengan Gubernur Lombok Tuan Guru Bajang (TGB).

“Bisa saja para fans AHY itu fans dari ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau dari Partai Demokrat. Jadi sperti ada warisan dukungan,” kata Hendri kepada JawaPos.com, Minggu (18/3).

Menurut Hendri, TGB yang saat ini menjabat sebagai Gubernur NTB dianggap layak untuk disodorkan sebagai Capres atau Cawapres. “Beliau punya massa riil, dia biasa mengadakan pengajian dan langsung didatangi ribuan orang. Terelbih saat ini duduk sebagai Gubernur,” ujar Hendri.

Meski demikian, Hendri menuturkan yang mempunyai kebijakajan sepenuhnya terhadap Partai Demokrat tetaplah SBY bukan AHY, nantinya akan mengusung siapa dalam kontestasi Pemilu 2019.

“Jadi jika elektabilitas AHY tinggi, bisa saja itu dari loyalis SBY dan Demokrat,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Tak Seperti TGB yang Punya Massa, Elektabilitas AHY Warisan dari SBY