alexametrics

Syarief Yakin, SBY Ikhlas Jabatannya Digantikan AHY atau Ibas

18 Februari 2020, 16:06:53 WIB

JawaPos.com – Dua putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sudah dipersiapkan menjadi ketua umum Partai Demokrat. Salah satunya akan dipilih untuk menggantikan sang ayah.

Lantas apakah akan ada persaingan di antara keduanya? Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan, dua putra SBY itu tidak akan bersaing. Karena dia yakin akan diberikan porsinya masing-masing oleh Partai Demokrat.

“Nanti kan ada porsinya masing-masing. Kita hanya tahu bahwa di Demokrat banyak calon-calon pemimpin,” ujar Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/2).

Soal rencana SBY yang akan pensiun tepat di saat Kongres Partai Demokrat, semuanya menurut Syarief akan dikembalikan pada seluruh kader Partai Demokrat.

Menurut Syarief, bisa saja kader di daerah menginginkan AHY atau Ibas menjadi ketua umum. Sehingga SBY akan melepas jabatannya dan memberikan kursi Demokrat satu ke salah satu anaknya.

“Kalau mayoritas memilih, tentu Pak SBY akan dengan ikhlas untuk memberikan kepemimpinan itu kepada yang lebih muda,” ungkapnya.

Adapun Partai Demokrat akan menyelenggarakan kongres di bulai Mei 2020 mendatang. Salah satu agendanya adalah memilih ketua umum.

‎Diketahui, Partai Demokrat adalah sebuah partai politik Indonesia. Partai ini didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Demokrat pun berhasil mengantarkan kader terbaiknya yakni SBY menjadi Presiden Indonesia dua periode di 2004-2009 dan 2009-2014.

Sementara SBY me‎njabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sejak tahun 2013. Pria asal Pacitan, Jawa Timur ini menggantikan Anas Urbaningrum yang kala itu tersandung kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet di Hambalang, Bogor.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads