alexametrics

TKN: Tidak Benar Jokowi Gunakan Earpiece

18 Februari 2019, 13:20:03 WIB

JawaPos.com – Setelah debat kedua Minggu malam (17/2), capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi sorotan di media sosial (medsos). Hal itu lantaran ada dugaan dia menggunakan earpiece dalam debat saat menghadapi Prabowo Subianto.

Buntutnya, Jokowi dituding dibantu oleh orang di belakang layar dalam menjawab semua pertanyaan saat mengikuti debat. Tudingan itu dibantah oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding. “Tidak benar sama sekali Pak Jokowi memakai alat tersebut,” ujar Karding saat dikonfirmasi, Senin (18/2).

Karding mengaku Jokowi hanya memakai clipp on yang disediakan oleh stasiun televisi penyelenggara debat. Tuduhan yang dialamatkan ke capres nomor urut 01 itu dianggap sangat menyesatkan.

“Secara teknis tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan akat tersebut karena komunikasi di ruang debat di-jamed‎,” tegasnya.

‎Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku, Jokowi yang dituduh earpiece karena ada pihak-pihak yang tidak mau mengakui kehebatan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Sehingga melontarkan tuduhan atau dugaan tertentu. Ada yang menduga atau menuduh Pak Jokowi menggunakan semacam alat bantu yang memungkinkan orang lain mendiktekan atau membisiki Pak Jokowi ketika menjawab pertanyaan,” tegasnya.

Menurut Karding, Jokowi tampil bagus dalam debat semalam. Contohnya saat menyampaikan argumen gas, data, fakta, dan visi kongkret.

Sebaliknya, kata dia, Prabowo berbicara tidak kongkret, mengawang-awang, beberapa kali salah misalnya soal BUMN Perikanan. “Bahkan menyetujui pendapat Pak Jokowi. Bahkan kalangan menyebut Jokowi menang telak atas Prabowo,” pungkasnya.‎

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
TKN: Tidak Benar Jokowi Gunakan Earpiece