alexametrics

Sebelumnya Dijabat Puan, Pengamat Prediksi Menko PMK Diisi Tokoh Ormas

17 Oktober 2019, 18:23:01 WIB

JawaPos.com – Pakar komunikasi politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai kalangan profesional yang memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun partai politik berpeluang mewarnai susunan Kabinet Kerja Jilid II.

Gun Gun memperkirakan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang akan datang bakal dipimpin profesional di luar partai politik. Sebelumnya, Kemenko PMK dipimpin Puan Maharani dari PDI Perjuangan (PDIP).

“Saya lihat yang akan geser mungkin Menko PMK, bisa dikasih ke orang luar atau tokoh ormas,” kata Gun Gun saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (17/10) siang.

Gun Gun menambahkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) kemungkinan dipegang orang kepercayaan Jokowi. Tidak tertutup kemungkinan dari elite militer serta hukum.

Sementara Menko bidang Kemaritiman, menurutnya, kemungkinan akan diisi oleh tokoh yang memiliki kedekatan dengan partai politik. Gun Gun memperkirakan, hanya menteri di bidang ekonomi yang akan diisi kalangan profesional.

“Over all sepertinya orang partai atau kalangan profesional yang dekat dengan partai politik,” pungkasnya.

Sementara itu, Peneliti LIPI Syamsuddin Haris memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mempertahankan sejumlah kementerian tetap dipegang politisi pada periode kedua pemerintahannya.

Sebut saja Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Sosial serta Kementerian Ketenagakerjaan.

“Sangat mungkin. Kecenderungan selama ini seperti itu. Tetap akan diisi oleh politisi,” ungkap Syamsuddin Haris.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rozak


Close Ads