JawaPos Radar

Johan Budi Jadi Caleg PDIP, Wakil Ketua KPK Titip Pesan Ini

17/07/2018, 21:26 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Saut Situmorang KPK
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap, Johan tetap menjunjung tinggi nilai integritas dan egalitarian. (wandi/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi maju menjadi caleg PDIP. Rencananya, pria yang kini duduk sebagai Jubir Istana Presiden itu akan maju di Dapil Jawa Timur VII.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap, Johan tetap menjunjung tinggi nilai integritas dan egalitarian di dunia perpolitikan Indonesia.

"Ya pesannya tetap menjaga integritas dan berperilaku egalitarian dalam menjalani hidup di tengah masyarakat yang lambat berubah," ungkap Saut saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (17/7). 

Johan Budi
Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi resmi menjadi caleg PDIP untuk Dapil Jawa Timur VII. (JawaPos.com)

Saut juga menuturkan seseorang berhak untuk mendapatkan hak politiknya selama belum dicabut. Namun, yang terpenting tetap membangun politik cerdas yang berintegritas.

"Merupakan keharusan pula bagi mantan staf KPK untuk membangun politik cerdas berintegritas," ujarnya.

Dia juga menambahkan, Johan merupakan salah satu alumni KPK yang memiliki nilai cemerlang. Bahkan, bisa disebut sebagai lulusan terbaik yang dimiliki lembaga ini. 

"Alumni KPK itu lulusnya macem macem ada yang lulus cumlaude, ada yang memuaskan, ada yang cukup, ada juga yang gak lulus, terlepas itu Johan salah satu lulusan yang memuaskan," tutupnya.

Sebelumnya, Johan Budi membenarkan dirinya menjadi caleg dari PDIP. Johan Budi bakal ditempatkan di daerah pemilihan (Dapil) VII Jawa Timur.

"Memang benar, saya menjadi Calon Legislatif dari PDIP," ujar Johan Budi kepada JawaPos.com, Selasa (17/7).

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini juga menambahkan, keputusan ini saya ambil setelah melakukan evaluasi terhadap tugas dan pekerjaan dirinya saat ini. Terlebih setelah selama enam bulan terakhir dirinya melakukan perenungan.

"Serta juga sudah berdiskusi dengan keluarga, saya memutuskan untuk beralih dalam ladang pengabdian yang berbeda yaitu melalui jalur politik," katanya.

Johan melanjutkan, saat dalam perenungan tersebut, beberapa waktu yang lalu dirinya ditawari menjadi calon legislatif oleh PDIP. Tawaran ini akhirnya diterima dengan pertimbangan agar lebih bisa berkiprah dan berbuat lebih banyak buat negara jika menjadi anggota DPR.

"PDIP menjadi pilihan saya karena saya menganggap PDIP adalah partai yang lebih banyak menyentuh dan bicara tentang rakyat kecil," ungkapnya.

Selain itu, selama ini Johan budi juga melihat konsep yang digagas oleh PDIP sangatlah bagus. Konsep itu adalah tentang negara kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila serta paham nasionalis religius yang selama ini diusung.

"Nah itu sesuai dengan prinsip saya dalam bernegara," pungkasnya.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up