alexametrics
Pileg 2019

2014 Gagal Maju dari Hanura, Pendiri PKS ini Pilih Jadi Caleg PDIP

17 Juli 2018, 22:25:10 WIB

JawaPos.com – PDIP membenarkan kabar bahwa pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yusuf Supendi maju sebagai caleg partai berlambang banteng moncong putih itu di pemilu 2019 mendatang. Hubungan intens yang terjalin sejak lama antara kedua belah pihak menjadi faktor perekat keduanya.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto saat mendaftarkan bakal caleg partainya di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). Ia menyebut, nama Yusuf menjadi salah satu nama yang didaftarkan oleh partai besutan Megawati itu.

“Pak Yusuf Supendi sudah banyak berdialog, saya pribadi bersama beliau itu dulu juga terlibat intens sejak di DPR pada tahun 2004-2009. Hubungan personal yang kami lakukan itu menunjukan bahwa pak Yusuf Supendi akhirnya menyatakan bergabung ke PDIP dan kami tugaskan di Bogor,” kata Hasto.

Hasto PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan terkait majunya Yusuf Supendi yang merupakan pendiri PKS dari Partainya. (JawaPos.com)

Menurut Hasto, pihaknya selalu membuka pintu bagi siapapun yang ingin bergabung dengan partainya. Baginya, PDIP merupakan rumah kebangsaan untuk Indonesia. Atas dasar itu, partainya mempersilakan putra-putri terbaik bangsa yang ikut terpanggil untuk bergabung dengan PDIP.

“Kami membuka pintu ketika ada pihak yang inging bergabung dengan PDIP,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya mengaku Yusuf akan bertugas untuk membangkitkan pemikiran-pemikiran Bung Karno mengenai Islam. Pasalnya, setelah 32 tahun orde baru, karena Hasto melihat sudah banyak sejarah yang telah digelapkan.

Penggelapan sejarah itu membuat masyarakat tak tahu bahwa pada tahun 65 presiden pertama Indonesia itu telah ditetapkan sebagai pahlawan Islam dalam konfrensi asia afrika.

“Disitu lah Pak Yusuf Supendi punya tugas untuk bersama-sama menggelorakan kembali seluruh pemikiran Bung Karno tentang Islam,” pungkasnya.

Sebagai informasi, setelah mendirikan PKS, nama Yusuf Supendi memang kerap berpindah partai politik. Pada 2014, dia juga pernah terdaftar menjadi caleg partai Hanura. Kini, ia menjadi caleg PDIP pada dapil provinsi Jawa Barat.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (aim/JPC)

2014 Gagal Maju dari Hanura, Pendiri PKS ini Pilih Jadi Caleg PDIP