alexametrics

Para Tahanan KPK Ikut Nyoblos, Ada yang Terang-terangan Dukung Paslon

17 April 2019, 15:12:36 WIB

JawaPos.com – Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepatnya 012, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan. KPK memang menyediakan tempat bagi para tahanan untuk tetap bisa memilih legislatif (caleg) serta capres-cawapres.

Dari pantauan  JawaPos.com, di gedung merah putih KPK ada sejumlah tahanan seperti Idrus Marham dan Bowo Sidik Pangarso. Mereka kemudian menunggu giliran untuk mencoblos bersama tahanan lain.

Saat hendak memasuki rutan KPK, ada di antara deretan tahanan itu yang menyampaikan pilihannya untuk Pilpres 2019 ini. Dia adalah Sopa Siburian yang merupakan mantan anggota DPRD Sumatera Utara.

“Prabowo dong,” tegas Sopa sembari tertawa dengan tangan diborgol.

Setelahnya, di barisan belakang para tahanan itu pula ada seorang tahanan lainnya yang juga mengaku akan memilih Prabowo. Dia juga mantan anggota DPRD Sumut bernama Richard Edy.

Kemudian, ada seorang tahanan korupsi dengan menggenakan kacamata hitam, rompi oranye dan mengenakan borgol tampak mengajungkan kedua jempol pada awak medi saat ditanyai siapa yang dipilih.

Setelah para tahanan memasuki rutan, pencoblosan kemudian dilakukan secara bergilir.

Tersangka kasus suap, Bowo Sidik Pangarso, mendapatkan giliran pertama. Kemudian Idrus Marham juga menggunakan hak pilih.

Terpisah, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan terdapat 63 yang memiliki hak pilih. “Jumlah tahanan KPK 168 orang. Tahanan di Rutan Cab KPK 63 orang memiliki hak pilih,” pungkas Febri.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Intan Piliang

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads