alexametrics

KPU Tinjau TPS di Rutan Cipinang, Ribuan Tahanan Nyoblos

17 April 2019, 13:06:30 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meninjau proses pemungutan suara pemilu 2019 di Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/4). Di situ terlihat sudah disediakan 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai dari nomor 168-174 bagi para tahanan untuk memilih.

Ketua KPU, Arief Budiman proses pemilihan berjalan lancar. Para tahanan yang sudah terdaftar di DPT dipastikan bisa menyalurkan suaranya.

“Ini masih proses. Saya sudah dapat info dari Kepala Rutan. Semua pemilih yang memenuhi syarat didata. Dan sekarang proses masih berlangsung,” ujar Arief di lokasi.

Di tempat sama, Kepala Rutan Cipinang, Oga G Darmawan mengatakan, di Rutan Cipinang hanya 1.110 tahanan yang mempunyai hak pilih. Sementara penghuninya berjumlah 4.300 orang.

Situasi ini disebabkan karena penghuni Rutan cepat berganti-ganti. Mengingat Rutan banyak diisi juga oleh tahanan yang belum berkekuatan hukum tetap. Hal itu tentu menjadi hambatan dalam proses pengurusan A5 atau surat pindah pemilihan.

“Namanya Rutan kan berbeda dengan Lapas. Kalau di sini kan masih proses sidang, penyidikan, ada yang baru ditangkap kemarin sore,” jelas Oga.

Sedangkan bagi mereka yang sudah terdaftar, masuk dalam kategori Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB). Di sisi lain, Oga memastikan pemilu serentak kali ini berjalan lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya.

“Ya pasti tentunya (pemilu serentak sekarang) lebih bagus,” pungkasnya.

Dalam peninjauan ini, Ketua KPU turut didampingi oleh Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar. Adapula sejumlah delegasi negara sahabat, hingga utusan Non Goverment Organisasi (NGO) dalam dan luar negeri.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads