alexametrics

Begini Tanggapan KPK Soal Revisi UU No 10/2016 Tentang Pilkada

17 April 2018, 19:49:48 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespon upaya DPR untuk melalukan revisi terhadap sistem pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang bakal dilakukan serentak di tahun 2018 ini. DPR menggandeng pemerintah segera melakukan kajian untuk menentukan keberlanjutan pelaksanaan pilkada langsung.

Kajian dilakukan karena semakin banyaknya calon kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Atas pertimbangan itu, muncul wacana revisi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Wakil Ketua KPK, Laode Syarif mengungkapkan, revisi itu sangat mendesak untuk dilaksanakan. “Ini memang sangat penting. Karena kita ingin mencegah sebelum beliau-beliau itu menjadi pimpinan daerah. Ini juga upaya untuk membantu Kemendagri, Kejaksaan dan Kepolisian untuk bagaimana menciptakan pilkada yang aman, damai dan adil juga,” jelas Syarif dalam kunjungannya di Makassar, Selasa (17/4).

Menurut Syarif revisi sistem pilkada langsung tersebut jelas sangat selaras dengan kondisi dalam momentum pilkada serentak di Indonesia. Misalnya dalam praktik kampanye dalam bentuk apapun, kerawanan tindakan korupsi itu bisa saja terjadi.

“Misalnya para calon itu nanti menawar-nawarkan uang. Nah kalau dia menawar-nawarkan uang berarti dia tidak terlalu percaya diri. Bentuk-bentuk seperti ini yang mestinya diwaspadai,” ucapnya.

Tak hanya para calon kepala daerah, penyelenggara pemilu lainnya menurut Syarif juga tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan-tindakan serupa. Oleh karena itu, KPK menghimbau agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa mengawasi berjalannya tahapan pelaksanaan pilkada dengan baik.

“Ini supaya tidak terjadi upaya-upaya pelanggaran itu. Dan terpenting bisa menjauhi konflik-konflik yang berakibat bagi kepercayaan publik,” tegasnya menutup.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (rul/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
Begini Tanggapan KPK Soal Revisi UU No 10/2016 Tentang Pilkada