alexametrics

Kesejahteraan Guru dan Penghapusan UN Jadi Fokus Sandi Uno

17 Maret 2019, 22:58:12 WIB

JawaPos.com – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno menilai, pekerjaan rumah (PR) bangsa Indonesia adalah meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru. Hal ini disampaikan oleh Sandi dalam debat ketiga pemilihan presiden 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

“Jadi PR terbesar kita adalah peningkatan kesejahteraan guru kita. Karena itu harus kita tingkatkan kompetensinya,” kata Sandi.

Lebih lanjut, Sandi menuturkan, pihaknya berjanji bakal fokus membenahi peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru di Indonesia. Terutama, mengenai nasib para guru honorer yang kerap mengeluhkan kepastian status.

“Mereka telah belasan tahun berbakti. Mereka adalah pahlawan tanpa jasa. Sampai hari ini mereka belum mendapatkan keadilan dan kesejahteraan dan belum mendapatkan status,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sandi juga menambahkan, dia bersama Prabowo Subianto berjanji bakal mengubah sistem kurikulum di Indonesia. Dia pun bercerita kisah salah satu siswa bernama Salsabilah dari Pamekasan.

Dia bilang, sang anak mengeluhkan kurikulum pendidikan di Indonesia yang dinilai terlalu berat dan tak diminati. Atas dasar itu, dia mengaku akan menghapus ujian nasional (UN).

“Kami akan menghapus UN karena ini sumber biaya yang tinggi, ujian nasional sangat tidak berkeadilan. Kita gantikan dalam penelusuran minat dan bakat,” tuturnya.

“Ini adalah sangat aplikatif kepada peserta didik. Mereka akan mampu diarahkan ke mana mereka, apakah ke ekonomi kreatif atau ke bidang lain sesuai dengan kemampuannya,” sambungnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kesejahteraan Guru dan Penghapusan UN Jadi Fokus Sandi Uno