alexametrics

Capai PDB Nomor 5 Dunia di 2045, Ma’ruf Amin Andalkan Riset

17 Maret 2019, 21:21:58 WIB

JawaPos.com – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin berencana untuk mendirikan Badan Riset Nasional. Hal itu sejalan dengan prediksi Indonesia yang akan menempati posisi ke-5 negara dengan ekonomi terkuat di dunia (USD 5,424 triliun) pada 2045 berdasarkan proyeksi Produk Domestik Bruto (PDB).

Untuk mewujudkan kekuatan ekonomi tersebut, kata Kiai, dibutuhkan pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan inovasi. Alasannya, riset menjadi kebutuhan utama.

“Kami akan mengembangkan riset dengan mengkordinasikan semua alokasi dana. Negara ini memang dana riset terbagi kita akan satukan supaya kordinasi kami akan bentuk Badan Riset Nasional,” ujarnya dalam debat ketiga Pilpres 2019 yang digelar di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Menurut Amin, menyatukan lembaga-lembaga riset akan menjadi lebih efektif. Dia akan mengikutsertakan semua pihak terutama pemerintah akademisi, dunia usaha, dan dunia industri.

Selain itu, Jokowi-Ma’ruf Amin akan memaksimalkan dana alokasi untuk riset. Bahkan, mereka juga akan menyediakan dana abadi untuk riset tersebut di samping dana abadi pendidikan dan kebudayaan.

“Kami maksimalkan rencana induk riset nasional, kita akan rasionalisasi sehingga riset kita efektif kita sepakat menyediakan dana abadi riset di samping pendidikan dan kebudayaan,” tutur Ma’ruf.

“Dengan berbagai upaya itu kami yakin riset kita di masa akan datang akan memajukan negara ini dan kita akan menuju ten years challenge,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Yesika Dinta

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Capai PDB Nomor 5 Dunia di 2045, Ma’ruf Amin Andalkan Riset