alexametrics

Analisis Pakar: Debat Ketiga Pilpres 2019 bakal Menentukan

17 Maret 2019, 11:29:15 WIB

JawaPos.com – Debat ketiga Pilpres 2019 akan mempertemukan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin dan nomor urut 02, Sandiaga Uno. Debat ketiga kali ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya yang di gelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai debat kali ini berpotensi akan menentukan peta persaingan saat pilpres yang akan di selenggarakan pada 17 April mendatang. Sebab masih banyak masyarakat yang menganggap dua debat sebelumnya, belum menghadirkan penjelasan yang jelas soal program unggulan masing-masing calon.

Siti yakin publik menantikan debat antara Ma’ruf dan Sandi karena merupakan sesuatu yang baru. Beda dengan Jokowi dan Prabowo, yang sebelumnya pernah bersua pada 2014.

“Apalagi, ini merupakan dua sosok yang sangat berbeda dalam banyak hal, termasuk latar belakang,” kata Siti dalam keterangannya.

Ma’ruf dan Sandi, lanjut Siti, harus bisa memenuhi ekspektasi publik. Sebagai cawapres, mereka harus mampu mendongkrak elektabilitas masing-­masing dengan menjabarkan program-program unggulan yang akan dilakukan nanti.

“Harus ada poin penting dan menjadi skala prioritas dari program mereka, misalnya pasangan 01 yang mempunyai program berbagai macam kartu dan 02 yang ingin menghapuskan sistem kerja alih daya. Itu harus disampaikan secara tegas,” jelasnya.

Sebelumnya, Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, persiapan Sandi untuk berdebat dengan Ma’ruf sudah dilakukan jauh-jauh hari, yakni dengan turun langsung ke masyarakat untuk menjaring aspirasi publik.

“Beliau punya orisinalitas gagasan dan bukan hanya menjual pencitra­an,” tukas Dhanil.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Analisis Pakar: Debat Ketiga Pilpres 2019 bakal Menentukan