alexametrics

Pendukung Jokowi Lantunkan Lagu Bengawan Solo Dengan 2.008 Angklung

17 Februari 2019, 20:30:56 WIB

JawaPos.com – Di luar arena debat, para pendukung kedua capres membuat kegiatan kreatif. Contohnya pendukung Jokowi yang memainkan alat musik 2.008 angklung. Alat musik akustik itu dimainkan untuk lagu Bengawan Solo.

Atraksi itu berlangsung dalam acara Derap Budaya Energi Nusantara di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (17/2). Derap Budaya Energi Nusantara juga menggelar nonton bareng (nobar) debat kedua Pilpres 2019.

Saat itu terdapat 5 ribu pendukung Jokowi-Ma’ruf yang berasal dari Jakarta. Mereka bunsurer asal dari 9 parpol pendukung maupun relawan. Di setiap angklung yang dimainkan tertera stiker bergambar Jokowi-Ma’ruf beserta nomor dan nama pulau. Ada angka 1 sampai 7, yang ternyata merupakan nada masing-masing angklung itu.

Kemeriahan pentas ini begitu terlihat. Tua atau muda cari bercampur dalam harmonisasi keindahan nada. Semua golongan masyarakat bersatu dalam satu dukungan kepada petahana.

“Permainan ini merupakan bukti bahwa energi kebudayaan dan kegembiraan rakyat akan selalu berkobar untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Ayo main angklung,” kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto yang hadir dalam acara tersebut.

Saat mendampingi penampilan pemusik angklung, Hasto duduk di bagian depan panggung. Di sebelahnya terlihat artis Angel Karamoy.

Dua orang pembawa acara lalu menjadi semacam dirigen. Salah satunya bernama Amelia. Dia memberi kode tangan untuk mengarahkan masing-masing pemegang angklung, kapan harus dibunyikan.

Lantunan angklung berhasil mengeluarkan nada indahnya. Lagu ‘Bengawan Solo’ yang melambanhkan Jokowi berasal terdengar indah. Lagu kedua adalah ‘Maju Tak Gentar’ menandakan perjuangan tak henti.

Hasto mengatakan, atraksi angklung dan berbagai aksi kebudayaan di acara itu untuk menunjukkan betapa pentingnya menempatkan gerak pikir dan laku berdasar budaya Indonesia.

“Layaknya permainan angklung tadi, dari berbagai asal usul parpol dan kelompok, dan bersatu berkolaborasi bersama menghasilkan kolaborasi yang indah. Itulah Indonesia. Mari kita belajar dari kebudayaan,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pendukung Jokowi Lantunkan Lagu Bengawan Solo Dengan 2.008 Angklung