alexametrics

Jokowi Klaim Telah Banyak Selamatkan SDA Indonesia

17 Februari 2019, 22:10:59 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengklaim telah menyelamatkan banyak sumber daya alam (SDA) Indonesia. Bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia menyebut juga telah banyak melakukan penegakkan hukum terhadap kerusakan lingkungan.

“Jadi sejak 2015 pemerintah telah bekerjasama dengan KPK yaitu melalui gerakan penyelamatan SDA. Oleh sebab itu, banyak sekali yang telah dikerjakan bersama KPK dalam penyelamatan SDA yang kita miliki,” kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

“Disampiang penegakan hukum kita telah mengerjakan banyak hal, mungkin bisa melihat di tambang bukit asam yang dimiliki PT Bukit Asam hampir sebagian besar yang ditambang telah dihutankan kembali, kalau pengawasan ketat bisa melakukan itu, kalau kurang pasti tidak,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, pemerintah juga melakukan pengelolaan lingkungan dengan melakukan reklamasi untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kemudian, ada juga yang bekas lubang galian tambang dikerjakan menjadi kolam ikan besar.

Kendati demikian, Jokowi mengakui masih ada beberapa perbaikan lingkungan yang belum dikerjakan oleh pemerintah. Dia menegaskan jika pemerintah daerah bersama pemerintah pusat bakal bersinergi untuk melakukan pengawasan terhadap tata kelola lingkungan dalam negeri.

“Memang ada 1,2,3, yang belum dikerjakan, tetapi dengan pengawasan daerah, kementerian lingkungan hidup ini saya yakin bisa diselesaikan. Bukan pekerjaan mudah tapi yang saya lihat tdi lapangan ini bisa dikerjakan pemerintah, kementerian, kabupaten atau kota,” tegas Jokowi.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi Klaim Telah Banyak Selamatkan SDA Indonesia