JawaPos Radar | Iklan Jitu

Debat Capres 2019

Jokowi Klaim 3 Tahun Terakhir Tak Ada Kebakaran Hutan, Ini Kata GPI

17 Februari 2019, 21:23:00 WIB
Jokowi
Jokowi ngengklaim selama tiga tahun terakhir dirinya menjabat sudah tak ada lagi kebakaran hutan dan lahan. (Fedrik/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 01 Jokowi memaparkan visi misinya dalam debat kedua di Pilpres 2019. Mantan wali kota Solo itu bahkan mengklaim selama tiga tahun terakhir tak ada kebakaran hutan dan gambut.

"Dalam tiga tahun ini tidak terjadi lagi kebakaran hutan kebakaran lahan gambut, dan itu adalah kerja keras kita semua," ungkap Jokowi dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Selain itu, Jokowi yang menegaskan visi utamanya adalah Indonesia maju di bidang energi, berjanji akan mengurangi penggunaan energi fosil. Sehingga pemakaian biodiesel, green fuel akan terus digalakkan.

karhutla
Capture Twitter Greenpeace Indonesia (GPI) yang menyikapi soal kebakaran hutan yang masih terjadi hingga saat ini. (twitter Greenpeace)

"Sudah kita mulai dengan melakukan produksi B20 ini akan kita teruskan sampai ke B100. Sehingga ketergantungan pada energi fosil akan semakin dikurangi dari tahun ke tahun," ujarnya.

Kemudian yang berkaitan dengan bidang infrastruktur dalam tiga tahun ini dirinya telah menggelontorkan Rp 187 triliun dana desa ke seluruh desa. Hasilnya adalah telah dibangun 191 ribu km jalan di desa.

"Ini jalan produksi yang sangat bermanfaat bagi para petani. 58 ribu unit irigasi telah kita bangun dari unit dana desa," tegasnya.

Selanjutnya di bidang pangan, Jokowi ingin ketersediaan pangan, stok pangan, maupun stabilitas harga harus terus dijaga. Oleh sebab itu, Jokowi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada petani jagung. 

"Di 2014 kita masih impor 3,5 juta ton jagung, pada 2018 kita hanya impor 180 ribu ton. Ini sebuah lompatan besar," ungkapnya.

Sampah plastik juga menjadi fokus Jokowi apabila memimpin Indonesia ke depan. Sampah plastik di sungai dan laut tidak boleh ada lagi. Sehingga lingkungan bersih di Indonesia bisa tercipta.

"Kita ingin mengurangi sampah plastik di sungai maupun di laut, saya kira itu kita ingin dedikasi ini, dan kita ingin Indonesia maju‎," pungkasnya.

Sementara itu, dalam akun Twitter-nya Greenpeace Indonesia (GPI) @GreenpeaceID menyebut bahwa kebakaran masih kerap terjadi sampaai sekarang. "Sejak tragedi kebakaran hutan terbesar 2015, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi setiap tahunnya hingga sekarang. #DebatCapres." 

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Gunawan Wibisono
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini