alexametrics
Pilpres 2019

Bantah Serang Personal, Jokowi: Personal Itu Kalau Soal Rumah Tangga

17 Februari 2019, 23:11:52 WIB

JawaPos.com – Capres 01 Joko Widodo menampik telah menyerang Capres 02 Prabowo Subianto secara personal dalam debat kedua Pilpres 2019-2024. Jokowi telah menyinggung soal lahan pribadi milik Prabowo yang disebutnya ada 220 ribu hektar di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektar di Aceh Tengah.

Menurutnya, itu bukan serangan personal tetapi masih berkenaan dengan kebijakan reforma agraria. “Enggak ada, endak ada menyerang personal. Yang namanya personal itu kalau menyangkut rumah tangga, menyangkut rumah tangga, istri, enggak ada personal. Itu kebijakan kok,” ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Jokowi mengaku percaya diri dalam debat kali ini. Sebab, dia yakin subtansi dari persoalan yang disampaikan.

“Saya sudah menjelaskan apa yang sudah kita kerjakan, dan apa yang kurang lebih akan kita kerjakan ke depan. Saya kira jelas semuanya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Joko Widodo menskakmat pernyataan Prabowo Subianto soal reforma agraria. Prabowo menyebut program reforma agraria yang dicetuskan Jokowi selama empat tahun terakhir.

“Rakyat Indonesia yang saya cintai. Pembagian (lahan) yang hampir 2,6 juta hektar tadi adalah produktif. Dan sekali lagi saya tidak berikan kepada yang besar-besar,” kata Jokowi.

Mantan walikota Solo ini lantas membeberkan luas tanah yang dimiliki oleh Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Ucapan Jokowi itu langsung ditanggapi geleng-geleng kepala oleh Prabowo.

“Saya tahu Pak Prabowo punya lahan yang besar di Kaltim 220 ribu hektar, di Aceh Tengah 120 hektar. Pembagian lahan seperti ini tidak dilakukan pada masa pemerintahan saya,” pungkas Jokowi.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Bantah Serang Personal, Jokowi: Personal Itu Kalau Soal Rumah Tangga